Business News

Apa itu URL Anti Facebook Blocking dan Apa Manfaat nya?

Sistem Marketing dari Facebook Autopost adalah membawa orang- orang yang berada di Facebook menuju ke Halaman Promosi ataupun langsung menuju ke Halaman Layanan Utama, melalui Halaman Anti FB Blocking. Orang dari Facebook dibawa melalui link yang disebarkan di Facebook. Namun, link yang disebarkan tersebut tidak langsung mengarah ke Halaman Layanan Utama atau ke Halaman Promosi, namun terlebih dahulu harus melalui sebuah halaman yang disebut dengan Halaman Anti FB Blocking.

Facebook memiliki sistem keamanan yang akan memblokir link dari domain (baik itu Domain Premium dataupun Domain Gratis) situs/ halaman yang terlalu banyak disebarkan. Jika sebuah terkena pemblokiran, keadaan yang terjadi adalah:

  • Link tersebut tidak bisa disebarkan. Ketika sebuah link/ URL di coba posting ke dalam Facebook, akan muncul pesan keamanan yang bertuliskan “link tersebut berbahaya”.
  • Link yang telah disebarkan (sebelum link tersebut mengalami pemblokiran), ketika di klik oleh pengguna Facebook, maka mereka akan menuju ke sebuah halaman facebook yang bertuliskan “Tautan yang Anda kunjungi tidak aman”.

Halaman anti FB Blocking berfungsi mengantisipasi agar Domain Premium yang menjadi tempat konten promosi, ataupun Halaman Layanan Utama tidak terblokir oleh pihak Facebook ketika dilakukan penyebaran link. Apabila link yang disebarkan adalah sebuah link dari Domain Premium, maka hal ini sangat beresiko sekali. Sebuah domain yang telah di jadikan blacklist oleh Facebook, tidak bisa disebarkan lagi. Domain Premium sangat berharga. Karena dibeli dengan uang. Jika menyebarkan link menggunakan Domain Gratis, ketika link domain gratis yang disebarkan tersebut mengalami pemblokiran, maka bisa diganti dengan mudah dan tidak mengalami kerugian.

Contoh Kasus:

  • Menyebarkan link Halaman FB Blocking, dimana Halaman FB Blocking tersebut mengarah ke Halaman Promosi. Di dalam Halaman Promosi tersebut berisi artikel promosi yang mengulas (mempromosikan) suatu produk dari Halaman Layanan Utama.
  • Menyebarkan link Halaman Promosi langsung. Di dalam Halaman Promosi tersebut berisi artikel promosi yang mengulas (mempromosikan) suatu produk dari Halaman Layanan Utama.
  • Menyebarkan link Halaman Layanan Utama secara langsung.

Pendahuluan

  • Domain Premium: Sebuah domain yang dibeli, dan biasanya memiliki ekstension .com (dot com). Sering disebut sebagai domain berbayar. Domain ini harus dibeli dan tidak bisa di dapatkan secara gratis. Contohnya: www.nama-kamu.com, www.nama-kamu.net, www.nama-kamu.xyz, dll.
  • Domain Gratis/ Free Domain: Domain yang bisa di dapatkan secara gratis, dan biasanya memiliki berbentuk subdomain dengan domain TLD nya masih melekat. Contoh: nama-kamu.blogpot.com, nama-kamu.wordpress.com.
  • Halaman Anti FB Blocking: Sebuah halaman situs, yang menggunakan domain Gratis, yang akan disebarkan di dalam Facebook. Halaman ini hanya memiliki satu link keluar yang menuju ke Halaman Promosi atau Halaman Layanan Utama.
  • Halaman Promosi: Sebuah halaman yang menggunakan Domain Premium, yang berisikan artikel promosi yang dimana konten nya berisi promosi suatu produk/ layanan.
  • Halaman Layanan Utama: Sebuah halaman dari situs asli penyedia layanan yang sedang dipromosikan.

 

Struktur Halaman Anti FB Blocking

Tumblr

Ada banyak situs yang bisa digunakan untuk membuat Halaman Anti FB Blocking. Salah satunya adalah situs dari Tumblr. Dalam penggunaan Tumblr untuk dijadikan Halaman Anti FB Blocking, dia akan dibagi menjadi 8 akun blog. Dari 8 akun tersebut, hanya 4 akun yang akan digunakan. Selisih nya (yang 4 akun) akan digunakan sebagai cadangan. Jadi, bisa dikatakan, ada 4 akun jenis “A”, dan 4 akun lain nya jenis “B”.

4 akun tersebut, akan digunakan untuk mengoperasikan 200 akun Facebook. Berikut ini adalah pengelompokan nya:

  • Akun Tumblr 1: Digunakan untuk mengoperasikan akun facebook dengan nomor FB001 s/d FB050.
  • Akun Tumblr 2: Digunakan untuk mengoperasikan akun facebook dengan nomor FB051 s/d FB100.
  • Akun Tumblr 3: Digunakan untuk mengoperasikan akun facebook dengan nomor FB101 s/d FB150.
  • Akun Tumblr 4: Digunakan untuk mengoperasikan akun facebook dengan nomor FB151 s/d FB200.

Akun Tumblr 1 akan digunakan untuk membuat Halaman FB Blocking yang akan disebarkan oleh akun Facebook nomor FB001 s/d FB050. Akun Tumblr 2 akan digunakan untuk membuat Halaman FB Blocking yang akan disebarkan oleh akun Facebook nomor FB051 s/d FB100, dst.

Pengelolaan Akun Tumblr anti FB Blocking

Diatas telah dijelaskan bahwa akun Tumblr jenis “A” akan digunakan, dan jenis “B” akan dibuat untuk cadangan. Pada Jadwal penggantian halaman Anti FB Blocking (misalkan jadwal nya adalah 2 minggu sekali), akun Facebook dengan nomor FB001 s/d FB050, yang menyebarkan akun link Halaman Anti FB Blocking dari akun Tumblr 1 “A”, akan diganti ke akun Tumblr 1 “B”. Begitu pula dengan akun yang lain.

Tujuan penggantian akun Tumblr Anti FB Blocking

Sebuah link yang disebarkan terus menerus di Facebook, sangat beresiko mengalami pemblokiran domain. Jika sebuah akun Facebook menyebarkan domain yang diblokir, akun tersebut akan bisa mengalami Suspend (terbanned). Oleh karena itulah, sangat perlu untuk mengganti link yang disebarkan, dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu penggantian ini disebut sebagai Jadwal penggantian halaman Anti FB Blocking.

Pengertian Jadwal penggantian halaman Anti FB Blocking

Adalah jangka waktu tertentu yang digunakan untuk mengganti link yang disebarkan. Dari akun Tumblr Anti FB Blocking jenis “A” ke jenis “B” ataupun sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *