Business News

Apa perbedaan Syarat, Ketentuan, Aturan, Privacy Policy dan Budaya Kerja?.

Pengertian

Syarat

Suatu hal yang harus di miliki (posses) untuk bisa masuk ke dalam suatu perusahaan tujuan tempat dia melamar (applyng). Apabila syarat tidak terpenuhi, maka orang tersebut tidak bisa bergabung ke dalam suatu perusahaan.

Ketentuan

Ketentuan adalah sebuah kesepakatan yang harus di setujui oleh seseorang SEBELUM bergabung sebagai anggota di dalam perusahaan tempat dia melamar (apply), yang dimana dia harus melakukan nya/ menjalankan nya ketika sudah masuk/ berada di dalam suatu perusahaan tersebut.

Ketentuan adalah seperangkat hal pokok dan penting saja, yang diperlihatkan kepada applicant untuk memberikan gambaran atas tindakan yang harus/ perlu dia lakukan apabila diterima di dalam perusahaan yang dilamar nya (applyng). Dibuat dengan tujuan agar Applicant tahu bahwa hal- hal tersebut (yang tertera di dalam ketentuan) adalah yang perlu dia lakukan apabila diterima di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, ketentuan hanya berisikan hal- hal penting saja, yang dimana hal tersebut dianggap oleh pihak perusahaan, sebagai sesuatu yang berpotensi menjadi suatu keberatan yang tidak bisa dilakukan.

Ketentuan juga berisikan pedoman tindakan yang harus dijalani ataupun konsekuensi yang harus diterima oleh applicant, apabila dia tidak mampu menjalankan/ melakukan poin- poin yang telah dibahas di dalam ketentuan, dimana pedoman tindakan ataupun konsekuensi ini hanya berisikan hal- hal yang bersifat berat/ fundamental (kika bersifat kecil, ditaruh di dalam Aturan).

Ketentuan ini juga termasuk ketika mereka sudah tidak lagi menggunakan layanan atau ketika mereka sudah keluar dari suatu komunitas/ perusahaan/ instasi tersebut. Dengan menyetujui ketentuan, dia berarti bersedia untuk melakukan/ mematuhi tindakan yang tertuang dalam ketentuan tersebut.

 

Aturan

Aturan adalah sesuatu hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, dan harus dipatuhi, yang berisikan poin- poin rinci yang terkait dengan aktivitas yang dilakukan dalam sebuah komunitas ataupun dalam penggunaan suatu layanan. Berbeda dengan ketentuan, yang hanya berisikan poin- poin penting nya saja.

Aturan juga berisikan pedoman tindakan yang harus dijalani ataupun konsekuensi yang harus diterima oleh applicant, apabila dia tidak mampu menjalankan/ melakukan poin- poin yang telah dibahas di dalam ketentuan. Contoh nya adalah: Hal yang membahas apabila seseorang lupa melakukan absensi. Konsekuensi apa yang harus dia dapatkan, ataupun tindakan apa yang harus dia lakukan, apabila terjadi keadaan semacam itu.

Aturan juga berisikan ketetapan atas pedoman tindakan, konsekuensi yang harus diterima, ataupun aturan lanjutan, tentang suatu kondisi yang mungkin terjadi ketika ketentuan ataupun aturan utama telah dijalani. Sebagai contoh, ketentuan pulang kerja adalah pukul 17:00. Tetapi, banyak anggota yang masih berada di kantor untuk bermain game. Hal semacam ini dimasukan di dalam aturan.

Aturan yang tidak terlalu penting, tetapi perlu untuk dilakukan, disebut aturan tidak tertulis. Apabila seorang/ pihak melanggar aturan tertulis, maka perjanjian/ kesepakatan bisa berakhir. Sedangkan apabila seorang/ pihak melanggar aturan tidak tertulis, maka perjanjian/ kesepakatan tidak bisa berakhir hanya karena hal tersebut, tetapi akan terjadi hukuman sosial.

Privacy Policy

Privacy Policy apabila di terjemahkan dalam bahasa indonesia adalah kebijakan privasi, adalah sebuah ketentuan dari pihak kedua (penyedia layanan, suatu komunitas, dll) dalam menggunakan informasi pribadi yang diberikan oleh pihak pertama (orang yang hendak akan menggunakan suatu layanan atau orang yang hendak akan masuk ke dalam suatu komunitas).

Budaya Kerja

Budaya Kerja adalah sesuatu sikap yang di tumbuh kembangkan (di dorong terus menerus) oleh pihak perusahaan kepada pegawai nya, atau orang yang terlibat dalam suatu aktivitas kerja di dalam perusahaan tersebut. Tidak ada hukuman ataupun konsekuensi (skors) apabila seseorang anggota tidak memenuhi/ melakukan budaya kerja, namun akan mendapatkan hukuman sosial.

 

Pertanyaan Sering diajukan

Apa perbedaan antara syarat dan ketentuan?

Persyaratan adalah sesuatu hal yang HARUS DIMILIKI oleh applicant sebelum mereka masuk, sedangkan ketentuan adalah sesuatu hal yang harus DILAKUKAN/ DIPENUHI setelah mereka masuk ataupun setelah mereka keluar.

Syarat adalah sesuatu hal yang wajib dimiliki, dimana tanpa itu orang/ pihak tersebut tidak boleh atau tidak bisa menggunakan layanan atau bergabung dalam suatu komunitas. Sedangkan ketentuan adalah hal yang harus dilakukan apabila mereka diterima untuk menggunakan layanan atau bergabung dalam suatu komunitas, dan termasuk juga sebuah kesepakatan apabila mereka sudah tidak lagi menggunakan layanan atau berada di dalam suatu komunitas tersebut.

Apa perbedaan antara ketentuan dan aturan dari segi tujuan nya

Aturan berisikan hal- hal yang harus dilakukan, namun berpotensi besar untuk bisa dilakukan. Oleh karena itu, priotitas penulisan nya dituliskan di belakang (setelah ketentuan). Dengan asumsi bahwa; apabila Applicant mampu dan menyetujui ketentuan, maka dia sudah pasti bisa melakukan aturan. Aturan adalah ekor dari sebuah ketentuan. Aturan adalah penjelasan lebih lanjut daripada ketentuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *