Bagaimana cara untuk melakukan Export dan Import User WordPress

Export dan Import User dari suatu situs ke situs lainnya terkadang juga diperlukan untuk beberapa tujuan tertentu, Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan Import dan Export User tersebut, salah satu caranya adalah dengan menggunakan Plugins yang akan lebih mudah untuk dipelajari dan diaplikasikan.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan Import dan Export User adalah berikut.

  • Download dan Install Plugin yang diperlukan, untuk Artikel ini yaitu menggunakan Import Export WordPress Users and WooCommerce Customers
  • Setelah Instalasi di kedua situs (Sumber dan Tujuan)
  • Lakukan Export dari Situs Sumber
    1. Masuk ke Menu WebToffe Import Export, lalu pilih Export
    2. Pilih apa yang ingin di Export, yaitu User/Customer, lalu tekan Step 2: Select an Export Method
    3. Pilih salah satu Metode yang akan digunakan, Quick Export jika hanya ingin melakukan export data dasar seperti nama, ID, dan beberapa data dasar lainnya, Pre-saved Template jika sudah pernah menyimpan template pengaturan export sebelumnya, Advance Export jika ingin lebih meng konfigurasi hasil Export, lalu tekan Step3 : Filter data
    4. Isi data Filtering jika ingin menyaring data yang ingin di Export, seperti email tertentu, Role tertentu saja dan sebagainya, kosongkan saja jika ingin melakukan Export terhadap seluruh data User, lalu tekan Step 4 : Map and reorder export column
    5. Lalu pilih semua Kolom yang ingin di export, Anda juga dapat mengubah susunan urutan kolom dengan menyeret kolom tersebut ke bawah, jangan lupa centang semua kolom yang ingin di export, jika ingin meng export keseluruhan kolom centang Column di bagian atas, lalu tekan Step 5 : Advance Option or Bacth export
    6. Langkah terakhir yaitu memilih jumlah data yang dilakukan setiap iterasi, saya rekomendasikan tetap menggunakan 100 data per iterasi, untuk menghindari error ketika proses export dilakukan, lalu pilih Export atau simpan Template pengaturan Anda terlebih dahulu untuk digunakan di kemudian hari, lalu pilih Export.
    7. Tunggu proses Export selesai lalu download file .csv hasil export.
  • Lakukan Import di Situs Tujuan
    • Masuk ke Menu WebToffe Import Export, lalu pilih Import
    • Pilih jenis data yang ingin di Import, pada kasus ini yaitu User/ Customer, lalu pilih Step 2 : Select import method.
    • Pilih Metode Import, pilih file .csv yang akan digunakan sebagai sumber data, pilih delimiter apa yang digunakan (secara default coma), lalu pilih Step 3 : Map and reorder import columns.
    • Pilih kolom mana saja yang ingin di import, dan juga bisa mengatur urutan kolom yang akan di import, lalu tekan Step 4: Advance option/Bacth import.
    • Lalu pilih beberapa pilihan tambahan, seperti jika sudah terdapat user yang sama, apa yang akan dilakukan, Pertahankan format password, dan Jumlah data yang akan diproses setiap iterasi, saya rekomendasikan untuk menggunakan 50 data, untuk mengurangi kemungkinan Error pada saat melakukan Import, lalu tekan Import atau Save Template jika ingin menyimpan pengaturan, lalu Import.
    • ¬†Terakhir tunggu Import selesai dan menampilkan pemberitahuan berikut, anda melihat History Import untuk melihat data yang berhasil di Import ke dalam Situs Anda.

Anda juga bisa melihat Video panduan yang diberikan oleh Pengembang Plugins Import Export WordPress Users and WooCommerce Customers di sini.

Sekian Panduan melakukan Import dan Export User WordPress ini, semoga dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah Import maupun Export User di Situs Anda.

Terima Kasih.

Mohon bantuan nya- Artikel ini dipersembahkan oleh STAR SHARE. Jika Anda merasa terbantu dengan pengetahuan yang Anda dapatkan secara gratis ini, mohon untuk memberikan review positif (komentar, likes, share) di sosial media, menuliskan artikel review positif (di forum, blog, web, situs menulis online, dan media lain nya), atau memberikan penilaian bintang 5 di Playstore atau Apps Store tentang produk atau layanan milik STAR SHARE. Terutama STASASHI, Fellas Production, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *