Business News

Bagaimana sih garis besar aktivitas magang?

Kami mencoba menanyakan hal ini kepada salah satu manajer di perusahaan IT, dan berikut adalah jawaban mereka.

Kami akan memberikan tugas kepada Anda. Kemudian, yang perlu Anda lakukan adalah mengerjakan nya. Anda harus mengirimkan laporan setiap hari pada jam absensi yang kami tentukan. Laporan yang dikirimkan antara lain berupa: [1]. Sampai di bagian mana tugas tersebut dikerjakan, [2]. Berapa persen progress saat ini, [3]. Jumlah jam kerja yang dilakukan untuk mengerjakan tugas tersebut. Laporan itu dikirimkan setiap hari.

Kami tentu sudah memiliki acuan waktu dalam pengerjaan tugas tersebut. Jadi, kami akan tahu, efisiensi Anda dalam mengerjakan tugas tersebut. Misalkan dalam suatu contoh kasus, kami memberikan tugas kepada peserta “A” untuk mengerjakan tugas “XYZ”. Di hari pertama, Peserta “A” tersebut membuat laporan yang berisikan hal sebagai berikut:

  • Pengerjaan sampai pada tahap pembuatan struktur konten.
  • Progress: 15%.
  • Jam kerja: 20 jam.

Dalam contoh kasus diatas, kami telah memiliki data acuan tersendiri, bahwa tugas pengerjaan struktur konten itu normal nya memerlukan waktu hanya 15 jam saja. Tetapi dia mengatakan jikalau jam kerja nya adalah sampai 20 jam. Kami melihat ketidak-efisienitas kerja sebanyak 5 jam. Sehingga, kami akan menghubungi peserta tersebut, dan menanyakan kendala yang terjadi. Apabila kendala yang terjadi adalah relevan, kami mungkin akan menerima jam kerja yang di laporkan oleh Peserta tersebut.

Apabila jam kerja nya sangat tidak relevan (hanya dari sebagian kecil kasus saja), kami mungkin akan memodifikasi (memotong) jam kerja dari peserta tersebut. Mungkin kami potong menjadi 15 jam sesuai dengan standar kami.

Perlu di ingat, bahwa aktivitas yang dilakukan oleh peserta di hitung dalam hitungan jam. Bukan dalam hitungan hari. Jadi, dalam contoh diatas, Peserta “A” yang mengalami pemotongan jam kerja, harus menambah jam kerja nya agar mencapai target jam kerja yang telah kami tentukan, sehingga dia mungkin perlu melakukan aktivitas magang lebih dari 2 bulan agar target jam kerja nya tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *