Business News

Mengatasi Rasa Malas

 

 

Setiap orang setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya malas. Tetapi jangan khawatir, karena hal tersebut wajar. Malas itu merupakan sesuatu cara kerja dari otak, cara kerja mindset kita. Nah mindset ini yaitu jika kita belajar dari salah satu guru motivator dunia Anthony Robbins, beliau pernah berkata “manusia akan bergerak maju jika ada 2 point:  1. gain pleasure, yaitu manusia akan bergerak maju jika ada sesuatu yang merangsang dia dan menyenangkan dia sehingga membuat dia keluar dari rasa malasnya. 2 avoid pain (menghindari rasa sakit) yaitu, menghindari hukuman/punishment yang akhirnya membuat manusia ‘terpaksa’ keluar. Jika anda tidak punya 2 point ini besar kemungkinan anda sudah di hinggapi oleh rasa malas. Dan biasanya banyak orang malas yang tidak sadar jika dirinya adalah seorang pemalas. Hal tersebut di karenakan kemungkinan anda tidak memiliki target. Malas juga merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat kesuksesan seseorang. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi rasa malas.

Yang pertama yaitu, jangan pernah menunda nunda suatu hal. Kalau bisa dilakukan sekarang kenapa tidak, Menunda suatu pekerjaan malah justru akan membuat beban anda semakin berat, walaupun pekerjaan kecil sekalipun. Jika anda sudah terbiasa mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas, anda akan dapat mengatasi rasa malas tersebut. Yang ke-dua yaitu, Buat target sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Target atau goal sangat penting untuk mengatasi rasa malas, karena dengan adanya target anda pasti akan berusaha untuk mencapai target tersebut. Dan juga jangan lupa target tersebut harus jelas. Contoh saya akan lulus kuliah 8 semester dengan ipk 3,5, ini adalah contoh target yang jelas dengan begini anda akan berusaha untuk mencapai target tersebut. Anda akan dapat terhindar dari rasa malas. Yang ke-tiga yaitu, membuat daftar atau list mulai dari bangun tidur hingga akan tidur. Anda harus mulai membiasakan diri untuk membuat daftar apa saja yang akan anda lakukan mulai dari bangun tidur hingga sebelum tidur. Dengan membuat daftar tersebut otomatis anda akan berusaha untuk melakukan sesuatu hal dengan baik dan cepat, agar semua daftar yang sudah anda buat tersebut dapat terlaksana semuanya. Yang ke-empat yaitu, olahraga dan pola hidup sehat. Malas juga bisa disebabkan karena tubuh kita kekurangan nutrisi yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas, sehingga kita akan dihinggapi oleh rasa malas. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan berolahraga dan membiasakan berpola hidup sehat. Jangan remehkan olahraga, karena dengan berolahraga secara teratur tubuh kita akan selalu terasa segar dan juga bersemangat dalam melakukan suatu aktivitas ataupun pekerjaan. Jadi olahraga dan pola hidup sehat ini penting agar kita bisa mengatasi rasa malas. Yang ke-kelima yaitu, memotivasi diri kita sendiri. Usahakan untuk memotivasi diri anda, tanamkan pada diri anda bahwa anda bukanlah orang yang malas dan kemalasan tersebut akan merusak banyak hal yang ada pada diri anda sendiri. Dengan melakukan motivasi ini maka tubuh kita akan berusaha memberikan perlawanan secara otomatis, jika kita mulai melakukan hal yang bersifat malas.

Yang ke-enam yaitu, hindari tempat tidur atau sofa. Jika belum waktunya istirahat jangan sekali kali mendekati tempat tidur ataupun sofa. Mengapa demikian, karena jika anda melakukannya biasanya tubuh akan tersugesti dengan kenikmatan ketika anda bermalas malasan di tempat tidur ataupun sofa tersebut. Nah apabilla hal tersebut terjadi, anda pasti akan kesulitan untuk melawan sugesti yang sudah menyelimuti pikiran anda  tersebut. Akan tetapi bukan berarti kita tidak boleh untuk duduk di sofa ataupun tidur di tempat tidur. Karena istirahat ada waktunya tersendiri begitu juga dengan kerja. Yang ke-tujuh yaitu, pola hidup teratur. Pastikan segala sesuatu yang ada di hidup anda sudah anda atur dengan baik. Jangan sampai tempat ataupun sesuatu yang ada di lingkungan anda berantakan. Misalnya kamar anda berantakan, buku di mana mana, hem, kaos, dll. Melihat hal tersebut pastinya anda akan malas untuk merapikannya, oleh karena itu pola hidup teratur penting dalam mengatasi rasa malas. Yang ke-delapan yaitu, belajar untuk melakukan sesuatu yang produktif tetapi menyenangkan di waktu luang anda. Lakukan hobi anda atau temukan minat baru, dengan demikian anda akan selalu bisa produktif dan menyibukkan diri sendiri, seperti hobi membaca novel misalnya. Selain itu, anda juga sekaligus bisa mengembangkan minat dan keahlian yang dimiliki. Yang ke-sembilan yaitu, paksa diri anda untuk selalu tepat waktu. Jika anda sudah berencana untuk mengerjakan sesuatu pada pagi hari, maka mulai lakukan di saat pagi hari yang sudah anda tentukan itu. Jangan menunggu untuk memulai 5-10 menit setelah waktu yang anda tentukan sebelumnya. Berlatihlah untuk menjaga komitmen diri melalui rencana jadwal yang telah anda tetapkan. Karena dengan begitu anda akan terbiasa untuk tepat waktu. Yang terakhir yaitu, beri reward atau hadiah untuk diri anda sendiri. Jika semua yang ada di daftar anda dapat terpenuhi, jangan ragu untuk memberikan hadiah pada diri anda sendiri. Tidak perlu hadiah yang terlalu mewah, hadiah yang kecil kecil saja sudah cukup. Dengan menghadiahi diri anda sendiri maka secara psikologis dapat membuat anda melawan rasa malas yang ada di dalam tubuh anda. Itulah beberapa tips dari saya untuk mengatasi rasa malas pada diri kita, semoga tips ini bermanfaat bagi anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *