Business News

Menjadi Diri Sendiri, Jangan Ikut-Ikutan Orang Lain

Jadi diri sendiri memang tidak mudah. Ini adalah pengalaman saya. Dari kecil sampai saat ini kuliah, saya tidak pernah mengikuti suatu organisasi atau semacamnya, saya lebih suka menghabiskan waktu untuk main atau rekreasi daripada memikirkan suatu organisasi atau bertanggung jawab dalam suatu event. Tentu saja ada beberapa orang atau teman yang pasti menyuruh saya untuk ikut dalam suatu organisasi tetapi saya tidak terlalu menyukai hal tersebut.

Ada beberapa teman yang hanya ikut-ikutan dalam organisasi tetapi hanya untuk mencari popularitas atau diajak teman, atau dalam artian tidak benar benar ingin bertanggung jawab mengikuti organisasi tersebut sehingga itu hanya akan menjadi beban.

Hal yang saya tekankan adalah jangan ikut-ikutan seperti orang lain jika itu tidak sesuai dengan keinginan diri kita, ikutilah kata kata hati kita, karena yang akan merasakan dampaknya adalah diri kita sendiri. Belum tentu jika kita ikut-ikutan orang lain, kita juga akan sukses menjadi orang yang kita ikuti tersebut. Contoh kasus adalah dalam hal organisasi tersebut, kita sering melihat bahwa kebanyakan mahasiswa mahasiswa yang mengikuti organisasi pasti akan dikenal oleh dosen, mendapatkan popularitas, dan lain-lain. Tetapi hal tersebut belum tentu terjadi pada kita, jika kita memang tidak memiliki passion dalam berorganisasi ya jangan ikuti organisasi karena hal itu hanya akan menjadi beban. Ikutilah bidang yang sesuai dengan passion kita. Seperti yang saya lakukan, saya tidak mengikuti organisasi karena itu memang bukan passion saya dan saya tidak peduli orang lain mau berkata apa, meskipun sebenarnya banyak manfaat yang akan didapatkan jika kita mau mengikuti organisasi.

Pergi ke suatu tempat rekreasi atau ke mall atau jalan-jalan keluar kota adalah hal yang paling saya sukai, meskipun hal tersebut terkesan hedonism dan menghambur-hamburkan uang, tetapi tidak bagi saya, menurut saya hal itu positif selama tujuan kita tidak menyimpang. Misal tujuan kita hanya untuk ingin bersilaturahmi dengan teman, menenangkan diri, atau sekedar foto-foto itu masih termasuk hal yang positif, tetapi akan menjadi negative bila tujuan kita untuk pergi ke tempat clubbing, atau ke tempat tempat dimana ada pergaulan bebas atau hal-hal negative lainnya.

Memang jika dibandingkan antara organisasi atau jalan jalan, pastilah lebih bermanfaat organisasi, tetapi kembali ke diri kita sendiri, jangan terlalu memaksakan kehendak orang lain, paksalah diri kita sendiri sesuai dengan hal yang kita sukai. Tentu saja orang lain pasti akan berkata bahwa kita tidak mau keluar dari zona nyaman, memang benar juga adanya. Tetapi orang lain juga tidak berhak untuk mengatur apa yang harus kita lakukan.

Membahas mengenai zona nyaman, pasti setiap orang akan mengalami masa-masa untuk keluar dari zona nyaman entah dari faktor ekonomi, faktor keluarga, atau faktor – faktor lainnya. Cita-cita atau tujuan hidup juga pasti berpengaruh dari zona nyaman kita, apakah kita harus keluar dari zona nyaman untuk memenuhi tujuan hidup atau kita tetap stay di zona nyaman untuk memenuhi tujuan hidup. Kita juga harus mempersiapkan backup plan atau rencana cadangan jika kita tidak bisa memenuhi tujuan hidup atau cita-cita yang diinginkan, dan pasti dititik itulah kita harus keluar dari zona nyaman.

Kembali ke diri kita sendiri, jika memang terpaksa harus keluar dari zona nyaman, ya carilah sesuatu yang memang belum mampu untuk kita kuasai tetapi kita punya minat dalam hal tersebut dan kita mau mempelajari tersebut. Sekali lagi, jangan ikut-ikutan orang lain. Jika kita hanya ikut-ikutan, kita tidak bisa menentukan jalan hidup kita sendiri, yang ada kita hanya terjebak dalam ketidakpastian hidup dan bisa menjadi sengsara atau bahkan depresi, sedangkan orang lain yang kita ikuti mungkin bisa sukses dan bisa memenuhi tujuan hidup nya.

Jalan atau takdir orang memang berbeda-beda, apa yang menurut kita baik, belum tentu baik juga bagi orang lain sedangkan apa yang menurut orang lain buruk, belum tentu juga buruk bagi kita. Maka dari itu kita harus bisa menentukan tujuan bagi diri kita sendiri, entah itu baik atau buruk. Jangan hanya ikut-ikutan jika itu tidak sesuai dengan kita. Jangan terlalu dimasukkan ke hati perkataan orang orang yang hanya akan menjatuhkan kita. Ikutilah kata hati kita sendiri, karena yang akan merasakan dampaknya juga kita sendiri.

Seperti yang saya lakukan saat ini, saya tidak mengikuti oraganisasi meskipun orang lain berpendapat bahwa organisasi itu penting, atau bla bla bla bla. Tetapi mau bagaimana lagi, itu bukanlah hal yang saya sukai. Jika memang harus mengikuti organisas, ya saya akan mencari yang sesuai dengan yang saya inginkan, misal menjadi relawan di suatu acara, jika hanya menjadi relawan menurut saya itu tidak terlalu berat, karena hanya bersifat sukarela sehingga tanggung jawab atau beban kita hanya sedikit.

Carilah hal-hal yang kita sukai yang sesuai dengan passion kita, jangan lupa untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal terburuk  yang mungkin terjadi dalam kehidupan, dan jadilah diri sendiri, jangan ikut-ikutan orang lain karena masa depan adalah milik kita sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *