Business News

Pentingnya Rasa Bersyukur

PENTINGNYA BERSYUKUR

Bersyukur (be grateful) merupakan ungkapan perasaan dan hati seseorang kepada Tuhan, ketika menghadapi suatu peristiwa dalam hidupnya. Menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, bersyukur menghasilkan energi positif yang dapat memberi semangat dan dorongan didalam diri kita. Oleh karenanya, dengan bersyukur dapat menjadikan kita semakin mampu memaknai setiap peristiwa yang kita alami,
entah itu baik atau pun tidak baik, untung atau malang.

BERSYUKUR ATAS KESUKSESAN DAN KEGAGALAN

Tidak ada sesungguhnya orang yang  menginginkan kegagalan didalam perjalan karirnya. Namun jika itu harus terjadi, selayaknya juga kita sadari dan kita syukuri. Karena sesungguhnya hal itu mengajarkan kita untuk menghargai kesuksesan yang telah kita raih. Selain itu, disaat kita memperoleh kesuksesan kita tidak menjadi sombong dan tinggi hati. Karena masih ada yang lebih fantastis dalam kehidupan kita yaitu nikmatnya kehidupan yang telah kita rasakan.

Jika kita mengalami kegagalan, ingatlah selalu bahwa ada jalan lain untuk lebih sukses. Yang penting selalu berusaha dan giat bekerja, pantang menyerah meskipun harus mengalami berbagai kegagalan. Sesunguhnya sukses dan gagal selalu memberi warna dalam kehidupan kita. Bayangkan jika jalan hidup kita selalu datar dan lurus, tentu sangat membosankan. Pasti nggak kebayang kan? Ibaratnya nih, jalan yang lurus yang kita lalui dapat membuat kita terlena hingga akhirnya kita kurang waspada.

BERSYUKUR ATAS KONDISI KESEHATAN TUBUH

Adakah di dunia ini orang yang menghendaki dirinya mengalami sakit dan berbaring tak berdaya? Tentu saja tidak! Yang ada bahkan setiap orang sedapat mungkin ingin sehat sehingga dapat beraktivitas dengan leluasa. Setiap orang bahkan berlomba-lomba mengikuti pola hidup sehat yang biasanya disarankan para praktisi kesehatan.

Namun faktanya tubuh kita memiliki keterbatasan, sehingga pada suatu titik tubuh kita bisa mengalami penurunan, melemah dan sakit. Dalam keadaan sakit, biasanya yang menderita bukan hanya bagian tubuh yang terkena penyakit melainkan juga pikiran dan perasaan kita sendiri.

Kita sulit untuk beraktivitas dan pergi kemana-mana bahkan untuk makan saja tubuh kita tidak bisa menerima. Tidak jarang orang sakit punya beban mental tersendiri, terlebih ketika harus menerima pelayanan dari orang lain (isteri atau anggota keluarga lainnya) karena
sakit yang dideritanya.

Berhadapan dengan situasi demikian, kita perlu membangun sikap syukur. Meskipun sulit terucap dari mulut kita, namun kita harus bersyukur dalam kondisi apapun. Pertanyaannya, mengapa kita harus bersyukur meskipun disaat kondisi sakit? Sebenarnya alasannya sederhana, ketika sakit berarti kita diingatkan untuk menjaga pola hidup. Dan bagi yang merawat orang sakit justru itu adalah kesempatan yang diberikan Tuhan kepada kita untuk memberi perhatian bagi mereka yang lemah dan menderita.

Ketika sehat bahkan pula sakit kita dapat memberi warna untuk kehidupan dalam komunitas dan dalam keluarga. Untuk itu bersyukurlah setiap saat, baik saat kita sehat tapi juga saat kita mengalami sakit.

Selalu bersyukur!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *