Business News

Rencana Setelah Lulus Kuliah

Rencana Setelah Lulus Kuliah

Oleh : Yustar Krishna Adiprana

Saya mahasiswa yang berlajar di salah satu Universitas swasta di Semarang. Saat ini saya akan menjejaki semester 6, saat ini saya sedang melakukan magang di salah satu perusahaan startup di Semarang. Di perusahaan ini saya belajar banyak tentang pekerjaan yang saya lakukan disana, saya belajar tentang ilmu marketing, cara kerja sistem perusahaan, dan ilmu yang saya dapat dari rekan kerja yang lain.

Saat ini saya sudah menjalani magang yang hampir satu bulan, selama magang saya sambil memikirkan sesuatu yang akan saya jalani kedepannya, bagi masa depan saya. Saya memikirkan satu setengah tahun lagi saya akan lulus kuliah dan itu akan terjadi sebentar lagi, lalu saya terfikir saya harus bagaimana agar tidak menganggur saat nanti.

Saat ini saya kuliah mengambil jurusan tehnik informatika, di perkuliahan saya mengikuti dengan baik, tetapi pada jurusan ini saya merasa tidak cocok pada keinginan saya. Saya kuliah mendapat nilai yang biasa biasa saja tidak ada yang spesial. Di perkuliahan ini banyak sekali mata kuliah yang saya tidak sukai salah satunya yang berhubungan dengan koding. Koding menurut saya adalah suatu mata kuliah yang paling sulit karena membutuhkan pemikiran logika yang kuat dan berbeda dengan matematika. Saya saat waktu luang punya kebiasaan untuk menonton youtube, yang mana sampai saat ini menjadi kebiasaanku saat dirumah waktu kosong atau istirahat.

Setelah lama saya menonton youtube saya menemukan konten yang berkonsep film making. Dari konten tersebut saya mulai menyukai dan akhirnya saya mulai mencoba di bidang editing. Sebelumnya saya sudah melakukannya saat SMA tetapi saya belum fokus. Saya mulai berlatih setiap malam sebelum tidur menonton tutorialnya, lalu saya mencoba memeng upload pada akun instagram saya. Setelah saya upload ternyata teman teman saya malah pada menyukai editan saya dan membuat semangat untuk belajar lagi untuk mengupload konten ke instagram.

Pada akhirnya editing menjadi keseharian saya dan mulai menjadi passion saya. Awal tujuan kuliah saya sebagai developer pada akhirnya berpindah haluan. Setelah lama kelamaan saya mulai mencoba hal baru lagi di bidang desain grafis, padahal saya masih awam sekali tentang desain. Saya terus mencoba belajar melalui tutorial dan ternyata bisa melakukannya, yang pada akhirnya menambah skill tambahan saya.

Saya terfikir untuk melakukan bisnis yang tidak menggunakan modal, saya mencoba freelance membuat jasa editing yang saya awalnya tawarkan kepada teman teman saya, lama kelamaan berkembang yang hasilnya lumayan untuk jajan.

Saya akhirnya mulai menyukai bisnis, dari pengalaman ini. Sebelumnya saya pernah berbisnis jualan sepatu KW yang saya kerjakan saat SMA dengan teman dekat saya tetapi berhenti setelah lulus SMA karena sudah berbeda kegiatan. Saya mencoba bisnis dropshipping yang modal awalnya dari orang tua kemudian ganti secara berulang. Saya membuat Website sendiri dan mendesain konten konten tersebut sendiri yang ilmunya dari kuliah dan pengalaman editing saya. Barang yang saya ambil dari tiongkok karena murah kemudia saya jual ke negara lain.

Dari pengalaman bisnis ini saya belum ada pemikiran untuk bekerja di perusahaan besar, mungkin saya akan belajar dan mendalamin bisnis saya lagi. Jadi saat lulus kuliah nanti saya berencana untuk melanjutkan bisnis dan freelance desain grafis saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *