Business News

Sesuai Dengan Porsinya (Tepat)

Sesuai Porsinya, apasih maksud dari sesuai porsinya? Jadi maksudnya kalau kita melakukan sesuatu apapun itu harus lihat seberapa besar usaha, perasaan, waktu yang selayaknya kita luangkan atau kita bayar untuk hal tersebut. Kadang atau malah keseringan kita terlalu berlebihan pada hal-hal yang bisa dibilang tidak penting untuk kita atau bisa dibilang sesuatu yang sifatnya hanya entertain atau untuk hiburan pribadi dan tidak ada keuntungan yang kita dapat bila kita menghabiskan usaha, waktu dan perasaan kita disitu. Jadi disini kita perlu melihat skala prioritasnya, mana yang lebih penting dan lebih mendesak yang harus didahulukan dan mana yang bisa kitab uang atau tidak berguna untuk kita atau bahkan menghambat kita untuk bertumbuh. Misal sebagai mahasiswa kita punya kewajiban untuk kuliah dan memahami tentang materi dari perkuliahan, dan seharusnya kita juga mendapatkan nilai yang baik dari perkuliahan tersebut, tapi sering kali mahasiswa sekarang porsi belajarnya kalah dengan porsi bermain gadgetnya sehingga banyak waktu terbuang di ketika kita bermain gadget, misal kita bermain Instagram sampai lupa waktu dan malas belajar, dan pada akhirnya berakibat pada perkuliahan kita entah tugas kuliah yang terabaikan, nilai jelek karena waktu habis untuk hal-hal yang kurang penting dan akhirnya bisa berakibat kepada kelulusan yang tertunda.

Selain itu porsi yang tepat juga harus kita terapkan tidak hanya di dunia kerja atau sekolah, kehidupan sehari-haripun harus diterpkan, misal dalam masalah asmara. Banyak orang mengalami patah hati yang berlebih yang sangat merubah atau mengganggu hidupnya bahkan bisa menimbulkan efek sampai menghilangkan nyawanya sendiri, kenapa hal itu bisa terjadi? Jadi bisa dibilang dia mencintai orang tidak pada porsinya, kenapa? Karena dia mencintai orang yang salah berlebihan dan akhirnya timbulah rasa kekecewaan, selain itu mungkin porsi waktunya yang salah juga, saat seharusnya kita fokus pada sekolah atau perkerjaan, kita lebih fokus ke masalah asmara, bisa juga saat waktunya kita belum cukup dewasa untuk masuk ke dunia percintaan kita malah masuk kesana karena kita melihat enak juga punya pasangan, padahal porsi waktunya belum saatnya kamu kesana. Jadi itulah kenapa pentingnya menyesuaikan segala sesuatu sesuai dengan porsinya.

Tapi bagaimana kita tahu “Porsi” tersebut?

Ya, itu bermacam-macam, kita bisa lihat dari kesuksesan orang lain atau kegagalan orang lain dan kita lihat dimana orang tersebut memperbanyak porsi untuk hal yang dilakukan. Selain itu juga ada agama yang membantu kita mengetahui tentang porsi tersebut. Dan pada akhirnya juga porsi tersebut akan sesuai dengan apa yang kita percayai, jadi kita harus banyak-banyak belajar dari nilai-nilai yang ada yang baik dan benar, dan juga melihat dari pengalaman orang lain dan diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *