Business News

Cara Belajar Lebih Cepat dengan Menggunakan Teknik Feynman

Mungkin kebanyakan dari Anda sekalian asing dengan Teknik Feynman. Namun ada juga yang mungkin sudah paham apa isi dan maksud dari Teknik Feynman ini. Bagi yang belum paham, berikut adalah pembahasan tentang Teknik Feynman.

Teknik Feynman berasal dari teknik belajar yang digunakan oleh Richard Feynman saat Dia mengajar. Dia sendiri merupakan seorang Fisikawan dan Pengajar terkenal dari Amerika. Dia yang membahas tentang mekanika quantum dan elektrodinamik quantum. Feynman juga mendapatkan Hadiah Nobel di bidang fisika pada tahun 1965 karena karyanya tersebut. Dia juga mendapat julukan ‘ The Great Explainer’ karena dia bisa menjelaskan hal-hal kompleks seperti teori mekanika quantum kepada siapa saja.

Teknik Feynman ini ialah teknik untuk memahami suatu topik baru yang ingin kita pelajari, dan juga untuk mengetahui tingkat pemahaman kita tentang topik baru tersebut dengan cara menjelaskan topik tersebut menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Berikut terdapat langkah-langkah dalam melakukan Teknik Feynman dan beberapa hal penting yang harus dicermati ketika melakukan Teknik Feynman ini.

Langkah-langkah melakukan teknik Feynman:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan teknik ini adalah menentukan Topik bahasan apa yang akan kita pahami, lalu tulislah topic tersebut di selembar kertas seperti anda menuliskan judul (Dibagian tengah atas kertas).
  2. Kemudian langkah kedua adalah jelaskan topik yang Anda pilih serta catat menggunakan bahasa anda sendiri yang mudah dimengerti.
  3. Setelah itu, Anda pasti akan menemukan bagian dari topic tersebut yang dimana Anda tidak paham. carilah penjelasan dari bagian yang Anda tidak mengerti tersebut dengan mencarinya di banyak sumber terpercaya, seperti Internet, buku, jurnal, atau orang yang menguasai topik tersebut menurut Anda.
  4. Setelah Anda menemukan penjelasan yang memuaskan, tulis penjelasan tersebut kedalam catatan anda menggunakan bahasa anda sendiri sampai Anda mengerti. Kemudian tandai bagian yang anda tidak Anda mengerti ini beserta penjelasan yang telah Anda tulis menjadi bagian penting.

Dalam melakukan langkah-langkah Teknik Feynman, ada hal-hal yang perlu Anda cermati agar Teknik ini dapat berfungsi secara optimal. Berikut hal-hal penting yang harus dicermati saat melakukan Teknik Feynman :

  1. Sertakan contoh pada bagian-bagian topik yang anda jelaskan. Dengan penggunaan contoh ini maka Anda akan menjadi lebih mudah untuk memahami topik tersebut. Karena dengan menggunakan contoh, kita dapat memiliki gambaran sederhana pada bagian-bagian tersebut.
  2. Selalu menggunakan bahasa yang simple, sederhana, dan mudah dimengerti dalam penjelasan yang Anda buat. Bayangkan Anda membuat penjelasan tersebut untuk anak-anak atau orang yang tidak pernah mengenal dan mengetahui tentang topik tersebut.

Itulah langkah-langkah dalam Teknik Feynman dan hal-hal yang harus dicermati saat melakukan Teknik Feynman ini. Semoga pembahasan tentang Teknik Feynman ini dapat berguna bagi Anda dalam mempelajari topik-topik yang Anda ingin pelajari. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *