Business News

Cara Kerja dan Setup Switch Omega Proxy- Chrome Extension

Latar belakang

Internet pada saat sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan diberbagai bidang seperti perusahan, usaha rumahan (warnet), instansi pemerintah serta pendidikan sehingga diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari pengaruh buruk internet. Internet yang merupakan sarana untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tentu saja, tidak semua konten yang ada di Internet memiliki nilai positif dan konstruktif dalam membangun potensi individu, masyarakat maupun negara. Karena tidak dapat dipungkiri pula, Internet bak pisau bermata dua yang dibalik berlimpahnya sisi positif, ketika dimanfaatkan untuk niat yang tidak baik ataupun digunakan secara tidak tepat, akan dapat merugikan dirinya sendiri, ataupun orang lain, baik secara moril maupun materiil.

 

Tujuan

Server proxy berfungsi secara teknis untuk menjadi sebuah gateaway dimana berperan untuk membatasi penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar. Sehingga jika jaringan komputer perusahaan menanamkan program server proxy maka dapat mengakses sambungan gateway dari jaringan lokal ke jaringan internet secara bersamaan.

 

Sistem Kerja

Setiap komputer perlu memiliki alamat protokol internet (IP) yang unik. Alamat IP ini bisa diumpamakan sebagai alamat jalan komputer kamu. Sama seperti kantor pos, yang harus tahu alamat tujuan supaya surat-surat bisa sampai. Internet juga harus tahu alamat supaya bisa mengirim data yang benar ke komputer yang sesuai dengan alamat IP. proxy adalah komputer di internet dengan alamat IP sendiri yang diketahui oleh komputer itu sendiri. Ketika kamu mengirim permintaan ke internet, permintaan tersebut akan pergi ke server terlebih dahulu. Server proxy kemudian membuat permintaan web atas nama kamu sebagai pengguna, mengumpulkan respon-respon dari server web dan meneruskan data halaman web agar kamu bisa melihat halaman melalui browser.

Ketika server meneruskan permintaan web, informasi yang dikirimkan bisa kamu ubah. Informasi akhirnya dikirim server ke website tujuan hanya informasi yang kamu perbolehkan terlihat atau terbaca. Server bisa mengubah alamat IP kamu, sehingga server web tidak tahu persis dimana kamu berada. Hal itu bisa dilakukan karena data kamu telah dienkripsi, sehingga data kau tidak terbaca dalam perjalanan. tools ini juga bisa memblokir akses ke halaman web tertentu berdasarkan alamat IP.

 

Video Panduan Setup Switch Omega Proxy- Chrome Extension

Panduan Penggunaan

OVERVIEW/Cara Instalisasi/Cara Penggunaan

Konfigurasi ekstensi SwitchyOmega di Chrome :

  • Klik ikon SwitchyOmega di browser Anda dan buka Options

  • Klik tombol New Profile di tab PROFIL

  • Di jendela pop-up, di bawah Nama profil tulis nama yang Anda inginkan. Pilih opsi Profil Proksi dan tekan tombol Create

  • Di tabel yang dibuat, pilih HTTP/HTTPS (sesuaikan dengan proxy anda) di bawah kolom Protokol
  • Isikan server dan port proxy Anda di kolom Server dan Port . Jika Anda menggunakan fitur IP Whitelsited , lanjutkan ke Langkah 7 tutorial ini. Jika tidak, klik ikon gembok

  • Di kolom pop-up ketik Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda dan tekan tombol Simpan perubahan.

 

  • Untuk menerapkan pengaturan dan membuat profil untuk proxy Anda, klik Apply Changes di bawah pojok sebelah kiri.

  • Profil yang Anda buat sekarang akan muncul di daftar proxy saat Anda mengakses SwitchyOmega melalui ikon ekstensi.

Jika Anda memerlukan panduan dalam bentuk MS. Words, Anda bisa mengakses nya dibawah ini.

Author by : Gio Fandi H Nainggolan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *