Business News

Cara Membuat Group Facebook untuk Memberikan Dukungan Politik tertentu

Membuat Group Facebook sangat mudah sekali. Anda bisa melihat caranya disini: Cara Membuat Group Facebook | Forum. Namun, yang menjadi hal yang khusus adalah setup grup tersebut. Berikut ini adalah cara melakukan setup pada Group yang bertujuan untuk digunakan memberikan dukungan kepada partai politik atau tokoh politik tertentu.

Setup yang akan dijelaskan disini sudah di sesuaikan dengan aturan kebijakan facebook ataupun aturan perundang- undangan agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan. Dan juga telah disesuaikan dengan teknik SEO Group Facebook, agar Group tersebut ramai dan cepat mendapatkan banyak anggota.

Pembuatan Group Dasar

Membuat Unit Pembelajaran Sosial

Unit Pembelajaran Sosial, sebuah menu di Group Facebook, berfungsi untuk memberikan pembelajaran kepada anggota Group Facebook, agar mereka mematuhi aturan internal Grup tersebut, ataupun aturan perundang- undangan yang berlaku di negara Indonesia. Pelajari lebih lanjut disini: Cara Membuat Unit Pembelajaran Sosial di Grup Facebook (Beserta Contoh nya)

Setup Group

Setelah Anda membuat Group dengan cara diatas, selanjutnya Anda harus melengkapi informasi di dalam Group itu. Lakukan pengeditan Group. Klik tombol “Lain nya…”. Pengisian kolom selanjutnya, lihat dibawah ini.

Keterangan

Tempat berkumpul nya pendukung Nama Tokoh/ Pihak yang digunakan untuk pengumpulan dukungan, diskusi, berbagi informasi, dan penyelesaian isu terkait dengan Nama Tokoh/ Pihak. Selain Pendukung, tidak di ijinkan bergabung.

Ingin mengenal lebih lanjut tentang Nama Tokoh/ Pihak, kunjungi Biografi nya disini: URL Bio

GET YOUR REWARDS:

Pastikan Anda menggunakan sosial media dengan bijak agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan. Pelajari lebih lanjut dalam unit pembelajaran umum yang telah disediakan di dalam group ini.

Admin dan moderator grup tidak selalu online. Harap untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Anggota yang bergabung harus setuju dan mematuhi aturan group yang berlaku. Para anggota juga telah dianggap mengetahui, mengerti dan sepakat dengan ketentuan dan disclaimer dalam grup ini, yang menjadi satu kesatuan dengan Fans page (halaman) tertaut yang menyimpan konten mengenai disclaimer dan ketentuan berikut ini: URL ketentuan dan disclaimer di Fans page.

Group ini tidak berafiliasi ataupun belum mendapatkan ijin secara resmi dari Nama Tokoh/ Pihak, karena hanya bersifat sebagai tempat penggalangan dukungan, dan bukan merupakan representasi dari Nama Tokoh/ Pihak.

PENJELASAN:

  • Tambahkan keterangan dengan menggunakan format kalimat berikut ini. Text yang diberi tulisan tebal atau warna grey (abu- abu) perlu diubah sesuai tokoh politik atau pihak politik yang ingin di dukung.
  • Tokoh politik adalah seperti: Jokowi, Prabowo, Rocky Gerung, dll. Sedangkan Pihak politik adalah seperti: PDI-P, Gerindra, Oposisi, dll (yang menyebutkan suatu kelompok tertentu dan bukan individual).
  • Sedangkan URL bio bisa di isi dengan URL biografi dari tokoh tersebut. Bisa diambil dari situs OUTERCRATE.COM atau isi dengan kumpulan tag websites atas nama Tokoh atau pihak tersebut. Sebagai contoh URL bio bisa di isi dengan ini: https://outercrate.com/biografi-sandiaga-uno/ (Bio Sandiaga Uno).

Label

Aturan

Buat dan tambahkan aturan berikut. Untuk aturan default, konten nya sudah disediakan oleh Facebook. Sedangkan untuk aturan tambahan, bisa Anda tambahkan sendiri. Pelajari cara- cara nya lebih lanjut disini: Aturan Default dalam Group Facebook dan Cara Membuat Aturan Grup Sendiri

  • Default:
    • Bersikap baik dan sopan.
    • Tidak ada ujaran kebencian atau perundungan
    • Tidak ada promosi atau spam.
    • Hormati privasi orang lain.
  • Aturan Tambahan (buat Sendiri):
    • Tidak boleh ada Tagar berlebihan: Tidak boleh memberikan komentar pada postingan yang meminta mengetikan tagar. Tidak boleh juga membuat status yang isi nya meminta anggota mengetikan tagar.
    • Dilarang menyebarkan HOAX: Lebih berhati- hati lagi dalam menggunakan sosial media. Termasuk memberikan respon, membagikan, berkomentar, mengirim pesan, dll.
    • Memahami UU ITE: 6 Aturan UU ITE ini perlu kamu tahu agar aman saat menggunakan Social Media. Pelajari lebih lanjut: http://bit.ly/35xy5hN
    • Bijak dalam Menggunakan Sosial Media: Perhatikan tips berikut ini agar terhindar dari hal- hal yang tidak di inginkan: http://bit.ly/2VDC7Rl

Pertanyaan Keanggotaan

  • Pertanyaan: Apakah Anda pendukung Nama Tokoh/ Pihak?.
  • Jawaban:
    • Ya, saya pendukung Nama Tokoh/ Pihak
    • Tidak, saya bukan pendukung Nama Tokoh/ Pihak
    • Tidak tahu, belum bisa menjawab sekarang.

Setup Lanjutan

  1. Nama Group: –
  2. Jenis Group: Umum
  3. Keterangan: Sesuai Setup Sebelum nya.
  4. Lokasi: DKI Jakarta
  5. Label: Sesuai Setup Sebelum nya.
  6. Aplikasi: –
  7. Halaman tertaut: Bila Anda memiliki halaman yang merepresentasikan tentang Group ini, maka tautkan halaman tersebut disini. Bila tidak ada, lewati saja.
  8. Warna: Pilih warna sesuka hati Anda. Upayakan yang mencerminkan partai politik berhubungan dengan tokoh tersebut. Contoh: Megawati, di set dengan warna merah. Prabowo di set dengan warna Orange, dll.
  9. Alamat Web: Masukan alamat web yang sesuai dengan nama group tersebut. Pelajari lebih lanjut disini: Mengatasi Custom URL pada Sosial Media yang tidak bisa dibuat | StartUp Semarang.
  10. Privasi: Publik
  11. Lencana: –
  12. Topik Postingan: Uncheck.
  13. Bagian: Unit pembelajaran sosial (default). NOTE: Seharusnya ini ada dengan sendiri nya ketika Anda membuat Unit Pembelajaran sosial.
  14. Persetujuan Keanggotaan: Semua Anggota Group
  15. Pra-persetujuan Keanggotaan: Bila Anda memiliki Group lain yang jenis nya sama, maka tautkan group tersebut juga. Untuk memudahkan anggota dalam bergabung. Berikut adalah contoh nya:
    1. Saat ini Anda sedang membuat Group mengenai Jokowi.
    2. Sebelum nya, Anda telah membuat Group untuk Megawati.
    3. Jokowi dan Megawati adalah satu kelompok.
    4. Jadi, Anda bisa menautkan group Megawati dan Jokowi ini.
  16. Permintaan Keanggotaan (Ajukan pertanyaan): Sesuai Setup Sebelum nya.
  17. Permintaan Keanggotaan dari Halaman: Setuju (Default)
  18. Izin Memposting: Semua orang di Group
  19. Persetujuan Postingan: Uncheck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *