Cara mengeksekusi rencana bisnis agar Anti Gagal

Strategi melakukan pukulan yang tepat- Dahulu, dan sampai di hari ini ketika saya menulis artikel ini, saya masih saja melakukan kesalahan dalam mengeksekusi rencana bisnis. Target saya meleset, dan tidak jarang gagal total. Setelah saya Analisa, ternyata terdapat beberapa poin penting yang membuat rencana saya tersebut gagal terlaksana.

Dari beberapa kegagalan tersebut, yang tentu saja menciptakan kerugian dan kekecewaan, kemudian saya berandai- andai; “Apabila saya bisa memutar balik waktu, dan kembali ke masa lampau untuk memperbaiki kesalahan ini, apa yang akan saya lakukan?”. Dari sana, tulisan ini pun tercipta.

Sebelum Anda melanjutkan membaca, perlu untuk diketahui bahwa, rencana bisnis yang saya maksudkan disini adalah sebuah project yang akan di delegasikan kepada orang lain. Bukan sebatas perencanaan bisnis yang saya eksekusi sendiri. Sehingga, terdapat suatu tantangan kompleksitas yang lebih keras. Kesalahan perencanaan yang kecil dan ketidak tahuan mengenai kondisi keadaan, bisa berakibat pada pengambilan keputusan selanjutnya yang salah.

Gunakan Metode yang benar- benar telah Teruji

Baik dalam suatu project yang bersifat dikerjakan sekali jalan, ataupun yang bersifat berkesinambungan (recuring), yang membutuhkan suatu cara (metode) yang harus di kerjakan, pastikan saja metode yang akan digunakan itu sudah teruji dengan benar. Jangan mendasarkan perencanaan dalam pengerjaan proyek -yang khusus nya proyek besar- di dasarkan atas sifat optimisme semata karena sudah melihat sekilas suatu keadaan tersebut.

Bahkan, bilapun Anda sudah melakukan suatu eksperimen kecil, ataupun eksperimen di masa lalu, yang menunjukan bahwa metode tersebut bisa di jalankan, Anda tidak boleh menggunakan kesimpulan itu untuk menjalankan planing. Tidak sedikit rencana bisnis saya yang menjadi gagal berantakan dikarenakan mendasarkan nya pada kesimpulan semacam ini.

Angkatlah Kepala Divisi yang Handal

Memastikan Eksekusi Berjalan dengan Benar

Buat Sistem Kerja yang bisa berjalan tanpa kehadiran Anda

Persiapan Semua Environment

Persiapan yang dimaksud disini adalah, semua prosedur, peralatan dan materi, benar- benar telah dipersiapkan. Jangan sampai, ketika hendak menjalankan kegiatan, terdapat kekurangan, hingga akhirnya tunggang langgang.

 

Kesalahan yang harus di hindari

Terburu- buru mengeksekusi rencana tanpa persiapan anggota divisi yang kompeten

Adakan Pelatihan dan Pengujian

Jangan Memulai dalam Kondisi Sistem yang belum sepenuhnya selesai

Mohon bantuan nya- Artikel ini dipersembahkan oleh STAR SHARE. Jika Anda merasa terbantu dengan pengetahuan yang Anda dapatkan secara gratis ini, mohon untuk memberikan review positif (komentar, likes, share) di sosial media, menuliskan artikel review positif (di forum, blog, web, situs menulis online, dan media lain nya), atau memberikan penilaian bintang 5 di Playstore atau Apps Store tentang produk atau layanan milik STAR SHARE. Terutama STASASHI, Fellas Production, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *