Business News

Cara Mengupload Video di YouTube dengan Benar dan SEO Friendly

Artikel ini tidak hanya terbatas pada mengupload video di YouTube saja, tetapi metode ini juga bisa diterapkan ketika mengupload video di Facebook. Format template uploader, baik dari YouTube maupun Facebook tidak jauh berbeda. Tujuan dari metode ini adalah agar mendapatkan viewers video yang banyak, dengan sedikit menerapkan teknik SEO ketika mengupload video. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana membuat judul video yang menarik, deskripsi video semacam apa yang harus di cantumkan, bagaimana membuat tagging, bagaimana memilih thumbnail video, dan settingan penting lain nya yang perlu di perhatikan. Pertama- tama akan dibahas mengupload video di YouTube, dan selanjutnya di Fanspage Facebook.

 

Judul

Judul adalah aspek paling penting dalam SEO video. Aspek penting kedua adalah Thumbnail. Ingat, audience memutuskan untuk menonton video Anda bukan karena konten nya. Mereka tidak tahu konten/ isi video tersebut karena belum menonton nya.

Judul menarik dan membuat orang penasaran

Pembuatan Judul atas video yang di upload harus lah menarik perhatian, terkesan “Greget”, membuat orang penasaran. Sehingga, peluang terjadi nya tindakan audience mengeklik dan menonton video yang tersebut semakin besar. Orang yang hendak menonton video, memutuskan menonton video tersebut bukan karena konten nya. Melainkan karena judul nya, dan thumbnail nya. Orang tidak tahu isi atau konten video tersebut, ya kan !?. Coba Anda rasakan beda nya dua judul video dibawah ini:

Ular di hutan Papua

Spesies Ular Aneh di Papua yang Baru di Temukan

Anda akan tertarik untuk mengeklik dan menonton video dengan judul yang nomor dua, ketimbang yang nomor satu. Karena judul nya menarik, membuat rasa ingin penasaran, sehingga orang ingin menonton nya lebih lanjut.

Gunakan Kata Kunci yang banyak di Cari Orang

Kebanyakan orang tidak tahu tentang “sequoia capital”. Tapi banyak orang yang tahu dan paham mengenai “Perusahaan Pemberi Modal Usaha”. Apabila Anda membuat judul video seperti ini: “Perusahaan Sequoia Capital di Amerika”, maka akan sedikit orang yang bisa menemukan video tersebut. Beda apabila Anda menuliskan judul nya seperti ini “Profil Perusahaan Pemberi Modal Usaha terbesar di Amerika”, maka akan ada banyak orang yang mencari nya dan banyak orang juga yang bisa menemukan video tersebut. Apabila banyak yang cari, maka potensi viewers nya pun banyak.

Jadi, hindari membuat judul dengan kata kunci yang tidak banyak diketahui oleh orang lain. Apabila Anda bersikeras membuat judul video nya untuk memasukan kata kunci yang tidak banyak di cari, maka Anda bisa menyisipkan nya juga tetapi tetap gunakan kalimat yang banyak di cari orang. Posisikan kata kunci yang tidak banyak di cari tersebut di bagian belakang. Contoh: “Profil Perusahaan Pemberi Modal Usaha terbesar di Amerika | sequoia capital”

Hindari Menggunakan Huruf Kapital Semua

Google memiliki algoritma dalam menentukan penggunaaan huruf kapital. Sehingga, video yang terlalu banyak menggunakan huruf kapital, tidak terlalu di sukai oleh Google dan akan jarang di temukan. Jadi, gunakan saja judul dengan penggunaan kalimat yang normal. Tapi, jangan juga menggunakan judul dengan menuliskan huruf kecil semua.

Contoh Salah: profil perusahaan pemberi modal usaha terbesar di amerika

Contoh Salah: PROFIL PERUSAHAAN PEMBERI MODAL USAHA TERBESAR DI AMERIKA

Contoh Benar: Profil Perusahaan Pemberi Modal Usaha terbesar di Amerika

Jangan pernah menggunakan kata sensitif

Kata sensitif contoh nya adalah: Telanjang, Dewasa, Benci, Hajar, Mati, Mampus, Jancuk, Bodoh, Tolol, dll. Anda bisa membedakan kata yang kasar, dan kata yang tidak kasar, ya kan !?. Jadi, gunakan feeling Anda untuk menentukan nya. Anda boleh menggunakan kata “Dibacem, maling, pencuri, dll”. Karena kata itu masih bisa di toleransi.

Jangan terlalu panjang ataupun terlalu pendek

Gunakan judul dengan panjang minimal 5 kalimat dan maksimal 8 kalimat. Secara default, judul video maksimal adalah 100 karakter.

Kata penghubung di Judul gunakan huruf kecil

Dalam pembuatan Judul video, penggunaan kata penghubung, gunakan huruf kecil.

  • Contoh Benar: “Ani dari Kampus ingin pergi ke Pasar”.
  • Contoh Salah: “Ani Dari Kampus Ingin Pergi Ke Pasar”.

 

Deskripsi Video

Deskripsi video adalah sebuah rangkuman dari keseluruhan konten video dan informasi penting terkait dengan video. Intinya hanya itu. Tidak perlu menuliskan kata yang heboh ataupun yang menarik. Deskripsi video berisikan juga informasi penting terkait dengan video tersebut. Contoh, video yang berisikan lagu (musik). Di dalam deskripsi nya, berisikan nama penyanyi, tanggal rilis, dll (hal penting yang perlu di ketahui audience).

Cantumkan URL Websites Anda dan Kalimat Persuasif

Apabila Anda memiliki websites, cantumkan URL web Anda dan kalimat keterangan atas websites Anda, agar Audience bisa lebih tahu tentang Anda. Keuntungan lain nya adalah bisa menambah traffict pengunjung websites. Contoh nya dibawah ini.

Dapatkan informasi terupdate, tips& trik seputar dunia startup, programming, social media, dll, dengan mengunjungi websites resmi kami: http://startupsemarang.com/

 

Tagging

Tangging berisikan kata kunci penting terkait dengan konten video. Ingat, kata kunci. Bukan kalimat. Berikut adalah kebanyakan kesalahan yang terjadi ketika menuliskan tangging:

  • Tidak menuliskan substansi nya.
  • Menuliskan tagging yang berlebihan (lebih dari 6). Hal ini mungkin disebabkan karena khawatir video tidak terindeks oleh Google.
  • Penggunaan tagging yang frasa nya sama.

Sebagai contoh, Anda mengupload video tentang jokowi yang sedang liburan di Papua. Berikut adalah contoh tagging yang benar dan yang salah:

Contoh Salah: Jokowi, Jokowidodo, Presiden Jokowi, Papua, Irian Jaya, liburan.

Contoh benar: Jokowi, Jokowi di papua, Jokowi Liburan.

 

Thumbnail

Thubnail adalah gambar yang muncul ketika video tersebut tidak dalam kondisi di putar. Sangat disarankan untuk memilih tagging yang paling membuat orang greget, dan cukup sesuai dengan judul nya. Thumbnail video di Facebook bisa di pilih dengan mudah, tetapi bila di YouTube, Anda harus memverifikasi channel Anda, sebelum bisa menggunakan custom thumbnail.

Gunakan Custom Thumbnail

Di YouTube, Anda tidak bisa menggunakan custom thumbnail dengan cara mengambil nya (memilih nya) dari salah satu dari durasi video. Solusi nya adalah dengan cara melakukan screenshot atas adegan yang paling menarik di video tersebut, kemudian mengupload nya sebagai custom thumbnail.

Edit Thumbnail terlebih dahulu

Thumbnail sebenarnya bisa di gunakan untuk lebih menarik perhatian orang. Apabila Anda edit, Anda malah bisa menggunakan custom thumbnail itu sebagai pesan tambahan kepada audience untuk menarik perhatian mereka, ataupun untuk menambahkan text yang tidak cukup bila di tuliskan di judul nya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *