Cara Sangat Sederhana Mempercepat PC/ Laptop Tanpa Settingan Teknis

Bagi orang awam, mempercepat loading PC atau Laptop, dengan menggunakan kebanyakan tutorial yang tersaji di internet, bisa membuat pusing. Karena sering nya perlu melakukan beberapa konfigurasi teknis yang rumit.

Berikut ini kami tuliskan sebuah artikel, secara jelas dan sederhana, dan disertai dengan gambar, untuk mempercepat akselerasi PC Anda. Mungkin ada tutorial seputar hal teknis yang perlu dilakukan, namun kami sudah melengkapi nya dengan gambar. Sehingga, kami yakin, para pembaca yang kurang familiar dengan otak atik laptop, bisa mengikuti instruksi nya dengan mudah.

 

Jangan membuka banyak Tab

Kebanyakan orang tidak sadar, sering membuka banyak tab yang tidak penting, ketika mengerjakan suatu tugas. Hal ini sering membuat laptop mengalami banyak beban, sehingga performa nya menjadi lemot.

Jangan ragu untuk menutup tab yang tidak penting ketika menggunakan PC. Fokus terhadap satu tugas dahulu, kemudian nanti bisa dibuka tab untuk tugas lain. Ideal nya, laptop/ PC yang hanya memiliki RAM 2 GB, maksimal tab yang dibuka adalah 6 tab.

 

Terlalu banyak Tab yang dibuka

 

Matikan Aplikasi yang tidak terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai, sering sekali menjadi penghambat performa. Aplikasi tersebut memberikan beban, tetapi tidak digunakan. Oleh karena itu, perlu di matikan saja jika tidak terpakai. Cara untuk melakukan nya, lihat dibawah ini:

Klik tombol Windows. Bisa dilakukan dengan menekan tombol Windows di keyboard, atau mengeklik tombol tersebut di layar.

Klik tombol Windows

Ketikan: Task Manager, pada kolom pencarian.

Ketikan: Task Manager

Lihat di bagian “Process”. Kemudian, pilih aplikasi yang tidak terpakai. Pastikan Anda tidak menutup aplikasi yang saat ini Anda gunakan. Jika saat ini Anda menggunakan browser Google Chrome, maka jangan tutup aplikasi tersebut.

Begitu pula jika saat ini Anda menggunakan aplikasi MS. Words, maka jangan tutup aplikasi itu (karena sedang Anda pakai).

Lihat bagian process

Cara menutup nya, bisa dilakukan dengan cara: klik kanan, kemudian pilih “End Task”.

Lakukan End Task

 

Mematikan Aplikasi Startup

Masih di bagian Task Manager, selanjutnya, beralih ke bagian “Startup”

Urutkan aplikasi berdasarkan Status nya, untuk memudahkan memilah- milah.

Pilih Status untuk mengurutkan

Kemudian, tutup aplikasi yang tidak terpakai. Beberapa aplikasi yang tidak boleh ditutup adalah: semua aplikasi Intel, Realtek HD, semua aplikasi windows. Karena itu adalah aplikasi bawaan komputer, yang bilamana di tutup (disable), maka PC/ laptop Anda malah akan bermasalah.

Cara menutup nya, bisa dilakukan dengan cara: klik kanan, kemudian pilih “End Task”.

Lakukan Disable aplikasi

 

Uninstall Aplikasi tidak penting

Aplikasi yang tidak penting, meskipun tidak aktif, bisa menguras sumber daya di PC/ laptop. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan uninstall pada aplikasi tersebut.

Klik tombol Windows.

Klik tombol Windows

Ketikan: Uninstall, lalu Pilih: Add and Remove Program

Pilih: Add or Remove Program

Lihat, daftar aplikasi yang dimiliki Laptop/ PC Anda yang sudah tidak digunakan lagi.

Klik aplikasi tersebut, lalu pilih: tombol “Uninstall”

Uninstall aplikasi

Catatan: Bila tombol “Uninstall” tidak bisa dipilih, itu berarti aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan komputer, yang memang tidak bisa di uninstall.

 

Bersihkan Laptop dengan CCleaner

Install aplikasi CCleaner dari sini: Download CCleaner (pilih yang free download).

Download CCleaner

Ikuti instruksi instalasi yang tertampil

Selanjutnya, buka aplikasi CCleaner yang telah di Install. Pilih “Health Check”.

Buka aplikasi CCleaner
Pilih Health Check

Klik tombol “Next”, lalu ikuti instruksi pembersihan yang tertampil.

Catatan: Ketika menjalankan CCleaner, aplikasi tersebut akan menutup secara paksa semua browser. Pastikan Anda menyimpan semua hasil pekerjaan Anda, sebelum menggunakan aplikasi ini.

Aditya Tri Hartanto

Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Suka Hiking dan membuat artikel seputar teknologi informasi dan kuliner. Staff Utama di situs magang Volunoid.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments