Business News

Cara Setup Two Factor Authentication di Instagram

Bagaimana cara setting Two Factor Authentication atau verifikasi dua langkah di akun sosial media Instagram?. Berikut ini kami berikan pandua tertulis nya, lengkap dengan video panduan nya. Bila Anda belum mengerti mengenai apa itu verifikasi dua langkah, bisa mempelajarinya sebentar disini: Pengertian Two Factor Authentication atau Verifikasi Dua Langkah

Bila Anda ingin setup 2 Factor Authentication di sosial media yang lain, bisa lihat halaman ini: Cara Setup Two Factor Authentication di berbagai jenis Sosial Media

Cara Setup verifikasi dua langkah di Instagram

  1. Masuk ke akun Instagram menggunakan aplikasi instagram di Smartphone Anda.
  2. Klik icon profile (pojok kanan bawah) >> Setting >> Security >> Two Factor Authentication.
  3. Anda nanti akan diarahkan ke halaman “Add Extra Security with ….”, klik tombol “Get Started”.
  4. Aktifkan verifikasi nomor telepon.
  5. Anda akan diminta memasukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon tersebut. Masukan saja kode nya di kolom halaman baru yang muncul.
  6. Anda nanti akan diarahkan ke halaman “Two Factor Authentication is On”, selanjutnya klik tombol “Done”.
  7. Anda akan diarahkan ke halaman “Recovery Codes” (atau nama lain nya adalah Backup Code/ Kode Backup). Cetak (Screenshoot) kode tersebut kemudian simpan di tempat yang aman untuk jaga- jaga. Untuk memudahkan melakukan screenshoot, klik saja tulisan “Screenshoot” yang tertampil.
  8. Selanjutnya, aktifkan “Authentication Apps”.
  9. Anda nanti akan diarahkan ke halaman “Get your code from Google Authenticator”, klik tombol “Next”.
  10. Langkah selanjutnya ini sedikit unik. Tindakan ini tergantung pada aplikasi Authenticator yang Anda gunakan tersebut ada di HP yang Anda gunakan juga untuk mengakses instagram tersebut atau tidak.
    1. Gunakan Opsi ini: Bila Anda menggunakan aplikasi Google Authenticator, dan bukan aplikasi autentication yang lain seperti Microsoft Authentication, dan aplikasi Google Authenticator tersebut ada dalam satu perangkat HP yang digunakan untuk mengakses akun Instagram: Tindakan selanjutnya tidak ada yang perlu dilakukan. Cukup ikuti instruksi nya, dan instagram akan langsung menginstalkan kode tersebut di aplikasi Google Authentication yang ada di HP Anda. Pastikan Anda sebelum nya menginstal aplikasi Google Authentication di HP Anda.
    2. Gunakan Opsi ini: Bila Anda menggunakan aplikasi SELAIN Google Authenticator ataupun aplikasi Authenticator tersebut ada di perangkat HP lain:
      1. Pilih Opsi “Setup Manualy”.
      2. Masukan secara manual kode instagram key yang tertampil, ke aplikasi Authentication yang Anda gunakan (hal ini sedikit membosankan dan harus teliti memasukan kode nya).
      3. Setelah memasukan kode nya, lihat kembali kode yang muncul di aplikasi Authenticator tersebut.
      4. Masukan kode nya di kolom halaman yang tertampil.
      5. Klik tombol “Next”.
  11. Untuk recovery code nya, tidak perlu di simpan, karena sudah Anda lakukan di langkah sebelum nya.
  12. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *