Business News

Cara Setup Two Factor Authentication di VK.COM atau VKontakte

Bagaimana cara setting Two Factor Authentication atau verifikasi dua langkah di akun sosial media VK.COM atau VKontakte?. Berikut ini kami berikan pandua tertulis nya, lengkap dengan video panduan nya. Bila Anda belum mengerti mengenai apa itu verifikasi dua langkah, bisa mempelajarinya sebentar disini: Pengertian Two Factor Authentication atau Verifikasi Dua Langkah

Bila Anda ingin setup 2 Factor Authentication di sosial media yang lain, bisa lihat halaman ini: Cara Setup Two Factor Authentication di berbagai jenis Sosial Media

Cara Setup verifikasi dua langkah di VK.COM atau VKontakte

  1. Masuk ke dalam akun VK Anda.
  2. Pilih menu: Setting >> Keamanan >> (section) verifikasi dua langkah >> Aktifkan.
  3. Anda mungkin akan diminta kata sandi untuk melanjutkan.
  4. Anda akan diminta verifikasi nomor telepon kembali untuk melanjutkan.
    1. Ketika melakukan verifikasi nomor telepon, pihak VK.COM biasanya melakukan panggilan ke nomor ponsel Anda. Namun, panggilan tersebut ketika Anda coba Angkat, biasanya langsung dimatikan. Terdapat kesalahan sistem dari pihak VK sendiri. Tapi, tidak perlu khawatir. Solusinya adalah tunggu 2 menit, untuk mencoba menggunakan verifikasi menggunakan SMS.
  5. Setelah memasukan kode verifikasi tersebut, maka aktivasi dua langkah menggunakan metode SIM Card/ SMS sudah Anda lakukan. Nanti akan ada jendela Pop Up yang muncul bertuliskan “Golongkan browser sekarang sebagai …”, beberapa opsi yang bisa diambil disini adalah:
    1. Bila Anda membuat akun VK tersebut untuk diri sendiri, ataupun akun tersebut milik Anda sendiri: Centang “Golongkan browser sekarang sebagai …”, lalu klik saja tombol “Setelan disimpan”. Tujuan nya adalah, agar suatu hari Anda mencoba login kembali di browser tersebut lagi, Anda tidak akan diminta kode verifikasi.
    2. Bila Anda membuat akun VK tersebut untuk orang lain, ataupun akun tersebut bukan milik Anda sendiri: Uncheck (Jangan Centang) “Golongkan browser sekarang sebagai …”, lalu klik saja tombol “Setelan disimpan”.
    3. Catatan Penting: Dalam hal ini, Anda belum melakukan setup verifikasi dua langkah dengan metode lain (seperti menggunakan aplikasi authenticator) belum Anda lakukan. Tapi memang, kalau sosial media VK.COM tahapan nya memang seperti itu. Setup Verifikasi dua langkah pertama kali adalah langsung ditujukan menggunakan metode SMS.
  6. Cadangkan kode konfirmasi: Pada section “Pilihan penerimaan kode >> Kode Cadangan”, klik tombol “Lihat daftar”.
    1. Nanti akan muncul kode cadangan (atau sebutan nya adalah Backup code) pada jendela pop up yang baru. Klik tombol “Cetak Kode”.
    2. Nanti Anda akan diarahkan ke halanan cetak (print). Cetaklah kode tersebut, dan simpan dalam format (direkomendasikan) PDF.
    3. Setelah Anda berhasil mencetak nya, tutup jendela pop up tersebut.
  7. Selanjutnya, setup aplikasi authenticator. Pada section “App pengacakan kode”, klik tombol “Aktifkan”.
  8. Buka aplikasi authenticator Anda, lalu lakukan scan pada QR code yang muncul.
  9. Setelah itu, masukan kode yang Anda dapatkan dari aplikasi authenticator untuk dimasukan pada kolom yang muncul.
  10. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *