Business News

Contoh Sistem Pemesanan dan Prosedur nya dalam Toko Online

Pendahuluan

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang bagaimana alur proses sebuah order datang kepada pembeli hingga akhirnya dikerjakan oleh bagian teknis dan di serah terima kan kepada pembeli.

Tahap 1

Bagian Administrasi menerima permintaan order dari Pembeli. Mereka kemudian melakukan pengecekan kelengkapan tentang order/ pesanan tersebut.

  • Contoh: Budi melakukan pembelian akun Gmail. Dia kemudian mengisi formulir pembelian. Data dari formulir ini kemudian sampai di dalam Database Admin. Untuk melakukan pemesanan akun Gmail ini, pembeli harus mengirimkan data- data penting agar pesanan tersebut bisa di eksekusi, yaitu seperti: Jumlah akun Gmail. Peran Administrator pada tahap ini adalah memvalidasi data yang di kirimkan oleh pembeli. Apabila data tidak valid, maka perintah eksekusi order tersebut tidak bisa dijalankan.
  • Misalnya, apabila pembeli memesan akun Gmail, namun dia tidak mencantumkan jumlah akun yang di pesan nya, secara otomatis, apabila perintah eksekusi order ini diteruskan ke bagian Teknis, maka bagian Teknis akan kebingungan dalam membuat akun Gmail ini. Kebingungan itu berupa pertanyaan “Berapa akun Gmail yang perlu dibuat?”.

Tahap 2

Setelah order telah di cek bagian Admin, kemudian order itu diteruskan ke bagian Teknis.

Tahap 3

Order diterima bagian Teknis. Bagian teknis akan menerima informasi dasar berikut untuk bisa mengerjakan order tersebut.

  • Kode Layanan.
  • ID Order.
  • Deadline Tanggal.
  • Keterangan Tambahan (seperti: Jumlah order yang dibuat, dll).

Tahap 4

Perintah eksekusi ini diterima oleh Pemimpin Divisi bagian Teknis. Tugas nya selanjutnya adalah memberikan pengerjaan order ini kepada Divisi nya. Dalam pengerjaan order ini, ada hal hal penting yang harus di perhatikan:

  • Order harus selesai sebelum tanggal Deadline yang telah ditentukan.
  • OLP atas eksekusi order ini harus dibuat terlebih dahulu untuk panduan pengerjaan yang penting.

Tahap 5

Bagian Teknis mengirimkan kembali order yang telah selesai tersebut kepada bagian Admin, beserta data- data penting lain nya. Seringnya, data penting ini perlu di upload ke Folder Bersama- Google Drive. Data ini nanti akan disalin oleh Admin ke CRM. Adapun data penting tersebut adalah:

  • Pembuktian order terselesaikan
  • keterangan tambahan, dll.

Tahap 6

Bagian Admin menyerahkan order tersebut kepada pembeli.

 

Evaluasi

Tertulis

  1. Apa yang dilakukan pihak Admin ketika mendapat order dari pembeli?.
  2. Apa yang harus Anda lakukan apabila mendapat Order dari pihak Admin, namun keterangan penjelasan tentang jumlah order tidak ada?.
  3. Informasi apa saja yang di dapatkan pihak Teknis ketika mendapatkan order dari Admin?.
  4. Apa saja hal penting yang harus diperhatikan ketika bagian Teknis mengerjakan sebuah order?.
Tuliskan jawaban Anda pada MS. Words, kemudian unggah file tersebut ke Folder Bersama Google Drive dengan format: ET- Sistem Administrasi Pemberian Order- ID Anggota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *