Business News

Hal Penting yang Wajib diketahui tentang Sensei LMS WordPress Plugin

Pada setiap perubahan di Sensei LMS, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Beberapa hal tersebut meliputi permasalahan yang perlu diantisipasi dan keterbatasan kemampuan (sekalipun role Administrator) yang harus diketahui.

1. Jika template jawaban quiz lesson telah diatur (diset) oleh Admin, lalu kemudian ada peserta magang yang telah menyelesaikan lesson tersebut (statusnya completed) maka jika Admin ingin mengubah template jawaban tersebut, jawabannya tidak bisa. Template jawaban yang akan dilihat oleh peserta magang adalah template yang sama pada saat peserta magang menekan tombol “view the lesson quiz”.

Berikut bukti saya sertakan:

a. Screenshoot permasalahan awal (Absensi masuk bertemplate absensi keluar)

b. Screenshoot statement Admin jika masalah sudah diselesaikan

c. Screenshoot template pengerjaan terbaru  (masalah tidak terselesaikan)

 

2. Quiz yang telah dikerjakan oleh peserta magang (sudah memiliki status complete/graded) tidak bisa sepenuhnya diupdate oleh Admin.

a. Ini adalah screenshoot mengenai soal yang telah dihapus di page “Lessons”

Note: Sebelumnya telah dilakukan penghapusan sebanyak 15 soal dari 32 soal pada page “Lessons”, khususnya lesson HRD: Lama Bertahan.¬†Namun tidak berdampak pada peserta magang yang telah menekan tombol “complete quiz” (berstatus complete/graded). Lalu pada screenshoot di bawah merupakan bukti jika soal sudah dihapus sebanyak 15 dan totalnya seharusnya adalah 17 soal pada lesson tersebut.

 

b. Ini adalah screenshoot salah satu quiz pada lesson GM: Realitas Dalam Bekerja [PD] dan perubahan-perubahan yang terjadi jika Admin melakukan perubahan pada hasil jawabannya.

Gambar di atas merupakan soal yang masih normal.

 

Gambar di atas merupakan soal yang saya hapus salah satu answernya.

 

Gambar di atas ialah soal setelah menambahkan satu correct answer (jadi ada 2 correct answer)

 

Gambar di atas merupakan soal yang diedit correct answernya. Perhatikan pada gambar soal yang normal sebelumnya, padahal pilihan sebelumnya tepat. Hanya saja karena sebelumnya saya memilih “Pengalaman kerja yang biasa saja” menjadi salah karena sistem (jawaban yang diatur pada page “Lessons”) mendeteksi jawaban benar “Pengalaman bekerja yang biasa saja”. Disini saya mengubah kata “kerja” menjadi “bekerja” (penambahan satu huruf apa pun berpengaruh, bahkan spasi sekali pun).

Hasil dari perubahan ketiga gambar tersebut adalah semuanya dapat dilakukan, tetapi sebisa mungkin tidak dilakukan karena merugikan dari sisi peserta magang. Jawaban yang sebelumnya sudah benar dipilih oleh peserta magang akan menjadi salah karena correct answer dirubah (sekali pun hanya menambahkan spasi).

 

3. Perubahan quiz setting juga tidak akan berpengaruh pada Quiz yang telah dikerjakan oleh peserta magang (sudah memiliki status complete/graded).

Gambar di atas merupakan lesson yang menggunakan grade quiz automatically (padahal seharusnya tidak perlu menggunakan hal tersebut)

 

Gambar di atas merupakan setting dari lesson tersebut ([H26.B1]  Content Writing)

 

Saya pun melakukan uncheck pada grade quiz automatically dan menekan tombol update

 

Grade tetap ada (masih muncul 0) dan itu terakumulasi dengan total grade peserta magang.

 

 

Note: dari semua permasalahan yang dijelaskan di atas, hal tersebut tidak akan berdampak pada peserta magang yang belum melakukan take quiz (belum berstatus completed/graded) pada lesson yang dilakukan perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *