Business News

Iklan Google

Kampanye

Jenis Tujuan Kampanye (Campaign Goal) dan Jenis nya

  1. Sales
    1. Search
    2. Display
    3. Shoping
    4. Video
    5. Smart
    6. Discovery
  2. Leads
    1. Search
    2. Display
    3. Shoping
    4. Video
    5. Smart
    6. Discovery
  3. Websites Traffic
    1. Search
    2. Display
    3. Shoping
    4. Video
    5. Discovery
  4. Product and Brand Consideration
    1. Display
    2. Video
  5. Brand Awarness and Reach
    1. Display
    2. Video
  6. App Promotion
    1. App
  7. Without Goal Guidance
    1. Search
    2. Display
    3. Shoping
    4. Video
    5. Smart
    6. Discovery

Jenis Kampanye (Campaign Type)

  1. Search
  2. Display
  3. Shoping
  4. Video
  5. Smart
  6. Discovery
  7. Tujuan Kampanye

Memilih salah satu tujuan kampanye, hanya berfungsi untuk memberikan pilihan tampilan “Jenis Kampanye” berikutnya. Hanya itu saja tujuan nya.

Sebagai contoh, tujuan kampanye: Sales dan Product and Brand Consideration. Apabila Anda memilih “Sales”, maka jenis kampanye nanti yang  akan di munculkan adalah: Search, display, shoping, video, smart dan discovery. Karena untuk mencapai tujuan kampanye promosi penjualan, jenis- jenis kampanye yang disebutkan sebelum nya bisa digunakan untuk mencapai nya.

Sedangkan untuk jenis kampanye “Brand Consideration”, hanya ada dua pilihan yang tersedia. Yaitu: Display dan Video. Karena, untuk menddapatkan tujuan kampanye “Brand Consideration”, atau nama lain nya adalah agar orang- orang memikirkan tentang produk/ merek Anda, hanya bisa di dapatkan dengan jenis kampanye Display dan Video.

Jenis kampanye (misalkan) search, tidak bisa digunakan untuk mencapai tujuan kampanye “Brand Consideration” ini.

Campaign Type

Digunakan untuk memilih lebih spesifik piliham kampanye sebelum nya. Perhitungan mengenai memilih adalah terletak pada pemahaman Anda mengenai produk/ layanan yang Anda jual.

Sebagai suatu contoh, Anda menjual produk empek- empek palembang. Jenis produk yang Anda jual hanya ada 2 jenis saja, yaitu pedas dan manis. Meskipun Google Ads memberikan opsi Campaign Type “Shoping”, rekomendasi itu tidak bisa digunakan (dan jangan di gunakan).

Jenis kampanye shopping, lebih cocok jika Anda memiliki banyak produk (mis. lebih dari 10).

Hal penting yang perlu di ketahui

Satu buah kampanye, bisa menjalankan lebih dari 1 jenis kampanye (Campaign Type). Sebagai suatu contoh, jika Anda memilih tujuan kampanye “Sales”, maka Anda bisa menjalankan kampanye Display dan Search. Kedua pengaturan dan tampilan dua jenis kampanye tersebut, ada di dalam satu (goal) kampanye yang dipilih sebelum nya.

 

Sistem Kerja Penargetan Remarketing

Remarketing terdiri dari jenis kampanye Display dan Search. Jenis kampanye Display, akan menampilkan iklan di web, youtube, discover, dan semua jaringan google ads. Penargetan dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut: Keywords, Topic dan placement. Intinya tetap sama. Iklan akan di tampilkan, berdasarkan target yang disetup (yang telah disebutkan sebelum nya).

Hanya saja, dengan penargetan tersebut, iklan akan tertampil berdasarkan opsi penargetan, tetapi hanya akan ditampilkan pada Audience yang telah disetting sebelum nya.

Sebagai suatu contoh, Anda memilih penargetan “Keywords”. Anda memasukan keywords “Roti”. Anda memiliki 1000 audience. Salah satu audience Anda membuka halaman resep cara membuat roti tar. Iklan Anda akan tertampil pada audience tersebut di web yang dia kunjungi. Tetapi, tidak ditampilkan pada orang lain (selain Audience Anda) yang mengunjungi halaman web yang sama.

Hal ini pun berlaku juga pada kampanye dengan jenis “Search”. Dalam search, akan (masih tetap ada) terdapat menu untuk memasukan keywords. Dari situ, Anda bisa memasukan keywords kampanye Search. Apabila ada Audience Anda, yang melakukan pencarian dengan keywords tersebut, maka iklan Anda akan muncul di hasil penelusuran. Tapi, bila orang lain (selain Audience Anda), mereka tidak bisa melihat iklan Anda.

Kesimpulan nya sederhana. Pemilihan Audience hanya akan membatasi penampilan iklan, hanya kepada audience tersebut, dengan cara penargetan yang sama seperti kampanye pada umum nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *