Business News

Keluar dari Magang di STAR SHARE, Tempat Magang baru Malah seperti Nightmare

Sebutlah saja nama ku Kurniawan. Aku mendaftar magang di PT. Berbagi Bintang Teknologi alias STAR SHARE sekitar bulan Agustus 2020 yang lalu. Tetapi mengundurkan diri di pertengahan jalan karena pindah magang ke lokasi lain.

Hmm… kalau aku ingat- ingat lagi, aku pindah magang bukan karena memiliki masalah di STAR SHARE. Tetapi karena ragu saja saat itu. Dimana keraguan ini, akhirnya membawa pada penyesalan karena telah keluar dari sana.

Ada teman yang juga keluar magang dari sana. Tapi…

Beberapa teman ku dari universitas lain, juga keluar magang dari STAR SHARE karena gak ngerti dengan job desc nya. Tapi, dia anak nya juga terlalu cepat menyerah (mungkin salah teman ku sendiri). Yang mana, Ketika magang di tempat lain, dia malah tambah gak ngerti dengan job desc disana. Malah akhirnya dia bilang “Jauh lebih mendingan magang di STAR SHARE daripada disini”.

Tapi karena dia sudah terlanjur keluar, dan kalau keluar dari tempat magang nya yang Sekarang, mungkin tempat magang selanjutnya tambah parah, maka dia terpaksa menetap disitu.

Kembali ke topik magang

Balik lagi ke cerita aku ya. Kalau disuruh memberi nilai dari pengalaman ku sekitaran 3 minggu magang disana, aku kasih bintang 5 dalam hal kualitas, penyediaan informasi, dll, untuk tempat magang STAR SHARE. Ini review jujur ya dari aku. Bukan karena aku diminta koordinator ngasih review skor tinggi.

Ada Forum yang memberi solusi semua masalah

Kendala apa saja bisa ditanyakan di forum. Itu yang paling aku suka. Beberapa peserta mungkin belum mencoba forum ini karena ragu atau tidak terbiasa menggunakan media sosial.

Tapi jangan salah !. Kalau kamu magang di tempat lain, mungkin kalau kamu tanya, gak bakal dijawab. Paling bagus, dijawab alakadarnya. Itu pengalaman dari aku.

Job Desc Super Duper Jelas

Lalu, top jempol yang lain adalah dari kejelasan job desc nya. Wah, bagi aku awesome banget. Sampai- sampai ada video panduan nya. Niat banget developer nya STAR SHARE dalam membangun platform Edu Digime bay buat anak magang ini.

Aku yakin, maski kamu dari jurusan selain IT, jika kamu sedikit fokus dengan deskripsi tugas nya, kamu bakalan bisa mengerjakan nya. Tinggal lihat video panduan nya kalau kurang jelas.

Temen ku yang keluar dari star share itu (cerita alinea sebelum nya) sempat kebingungan dalam menjalankan aktivitas kerja. Soal nya, Ketika di baca, lalu bingung, terus kemudian bilang “Ah, sudah ah, males”.

Dia juga males menonton video panduan nya. Itu yang membuat dia gagal paham. Tapi kalau kamu baca beberapa kali, dan menonton video panduan nya, aku jamin pasti bisa.

Alasan Aku Dulu Keluar (jangan melakukan nya kalau gak menyesal)

Aku dulu merasa ragu saja ama magang online. Karena itu aku pindah. Gak ada masalah sama sekali dengan pembelajaran disana. Ragu karena magang nya dilakukan secara online. Tapi ternyata, malah banyak kakak kelas ku yang sudah lulus dari sana.

Cerita magang di perusahaan lain

Lain hal nya Ketika aku magang selain di star share. Tempat magang ku yang baru itu, seperti nightmare. Kamu bayangin ya, bos mu minta untuk memposting artikel di dalam web. Tapi dia gak ngasih akun buat login. @,@

Ketika ditanya via WA, gak dijawab. Beneran gak dijawab. Di read doank. Mau tanya ke pegawai yang lain, semua semua bilang “gak tahu”, atau “aku sedang sibuk”, atau “tanya mas nya yang itu saja”.

Setelah muter- muter tanya sana- sini, karyawan yang sebelum nya ku tanya, lalu bilang “nih… nih… ku kasih akun login nya, biar gak ganggu orang lain”. Nah loh, kenapa tadi bilang “gak tahu” (Ketika gw tanya)?. Kan kampret !.

Setelah waktu mepet, si bos nya tanya “kerjaan mu udah beres”? (Itu dia tanya sebelum deadline nya selesai). Ketika aku jawab “belom pak”, eh dia malah nyemprot- nyemprot. Bilang gak disiplin lah, nyindir malas lah, gak teliti lah. Padahal deadline nya 4 hari, dan hari ke-1 dia sudah nge-judge gitu. Kan super kampret kan nama nya !.

Sering Pulang Malam (harus nunggu Senpai Pulang dulu)

Gak hanya sampai situ. Aku juga sering pulang malam. Cuman gegara harus nunggu senior ku pulang dulu. Baru aku dibolehin pulang. Sampai rumah sering jam 9 malam Woy. Gak sempet main Mobil Legend.

Selanjutnya, gak ada Job Desc

Setelah hari itu, aku gak dikasih job lagi, gara- gara dianggap gak ber tanggung jawab. Setiap hari, di kantor, aku gak ngapa- ngapain. Mungkin gw kalau bikin konten youtube “Seharian di kantor gak ngapa- ngapain”, mungkin bisa viral melebihi video Dua jam gak ngapa- ngapain.

Dan lucu bin ajaibnya, Ketika aku gak ngapa- ngapain, si wakil bos nya bilang “kamu gak ada kerjaan apa, kok diem saja”. Eh, kan emang gak di kasih Jobdesc kan om. Aku kemudian disuruh bikinin kopi, nyapu, buang sampah, bahkan sampai ngepel lantai. Wakil bos nya duduk sambil kaki nya ditaruh di atas lutut. Kan super duper kampret nama nya kalo kek gitu.

Setelah mengalami kejadian ini, aku mohon banget ama manajemen star share, agar aku bisa magang lagi disana. Setelah memohon dan berdoa, akhirnya dibolehin masuk lagi. Syukur alhamduliah dah.

Mohon bantuan nya- Artikel ini dipersembahkan oleh STAR SHARE. Jika Anda merasa terbantu dengan pengetahuan yang Anda dapatkan secara gratis ini, mohon untuk memberikan review positif (komentar, likes, share) di sosial media, menuliskan artikel review positif (di forum, blog, web, situs menulis online, dan media lain nya), atau memberikan penilaian bintang 5 di Playstore atau Apps Store tentang produk atau layanan milik STAR SHARE. Terutama STASASHI, Fellas Production, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *