Latar Belakang dan Tujuan adanya Checklist

Pengertian Checklist

Checklist yang dimaksud disini adalah sebuah formulir (bisa dalam bentuk kertas, excel maupun google sheets) yang berisikan atas hal- hal apa saja yang perlu di check sebelum mengirimkan suatu tugas.

Latar Belakang

Ketika mengerjakan sesuatu, Anda seharusnya telah diajari (di training) bagaimana cara mengerjakan sesuatu tersebut secara baik dan benar. Pengajaran ini bisa dilakukan secara langsung, ataupun menggunakan dokumen panduan (SOP). Tidak hanya itu, Anda juga diajarkan mengenai bagaimana hasil (output) yang harus nya dibuat.

Namun, tidak sedikit orang yang tidak teliti atau malas membaca dengan teliti. Sehingga, ketika mereka mengerjakan sesuatu tersebut dengan asal- asalan. Karena ketidak telitian yang mereka lakukan, menyebabkan hasil pekerjaan (output) menjadi rusak (tidak sesuai dengan yang ditentukan dan tidak bisa dijual).

Untuk menghindari hal ini, maka pelaku kerja harus melakukan pengecekan kembali atas hasil pekerjaan nya (output) sebelum dikirimkan. Oleh sebab itu, diperlukan lah sebuah checklist.

Tujuan

  1. Memastikan hasil pekerjaan (output) sesuai dengan yang di harapkan.
  2. Mencegah kerugian yang diderita oleh perusahaan karena kesalahan proses pengerjaan.
  3. Menjaga kualitas hasil pekerjaan (output) tetap baik.
Mohon bantuan nya- Artikel ini dipersembahkan oleh STAR SHARE. Jika Anda merasa terbantu dengan pengetahuan yang Anda dapatkan secara gratis ini, mohon untuk memberikan review positif (komentar, likes, share) di sosial media, menuliskan artikel review positif (di forum, blog, web, situs menulis online, dan media lain nya), atau memberikan penilaian bintang 5 di Playstore atau Apps Store tentang produk atau layanan milik STAR SHARE. Terutama STASASHI, Fellas Production, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *