Business News

Menambah Pengunjung Web dan Backlink menggunakan Sosial Media

Tahukah Anda bahwa sosial media bisa digunakan untuk menambah traffic pengunjung dan membangun backlink untuk websites kita. Secara simple nya, Anda perlu membuatu halaman/ akun sosmed yang berhubungan dengan layanan Anda.

Contohnya, bila Anda memiliki sebuah jasa foto yang bernama Fellas Production, maka Anda perlu membuat akun sosial media dengan nama yang berhubungan, seperti: “Jasa foto”.

Disini yang akan difokuskan adalah sosial media dengan jenis Facebook, instagram dan Twitter. Karena ketiga sosial media itulah yang paling banyak pengguna nya di Indonesia. Berikut adalah langkah- langkah nya.

Persiapan

Siapkan beberapa akun email untuk mendaftar ke berbagai social media tersebut. Bisa juga menggunakan satu email saja, tetapi satu email digunakan untuk satu metode saja. Harus menggunakan email yang berbeda saat melakukan metode ke 2

Mengetahui Data yang perlu Anda garap

  1. Buka halaman tugas.
  2. Lihat nama Anda.
  3. Perhatikan data mengenai:
    1. Tema Marketing:
    2. Nama Tokoh:

Mengumpulkan Bahan Gambar dan Video Pendek

  1. Login ke instagram melalui PC.
    1. Kunjungi URL ini: https://www.instagram.com.
    2. Masuk dengan menggunakan akun Instagram Anda.
    3. Apabila Anda sebelum nya tidak memiliki akun Instagram, silahkan buat akun instagram terlebih dahulu.
  2. Kunjungi halaman Explore Instagram disini: https://www.instagram.com/explore/
  3. Masukan nama tokoh dengan tanda tagar.
    1. Pilih tagar yang paling banyak memiliki konten.
    2. Ingat, pilih tagar, dan bukan akun.
  4. Klik salah satu foto teratas.
  5. Buka situs 10 Insta disini: https://www.10insta.net/
  6. Dapatkan URL dari gambar instagram tersebut.
    1. Klik tombol *** (bintang tiga di pojok kanan atas foto).
    2. Pilih “Salin Tautan”.
    3. Masukan link nya di dalam kolom download.
    4. Klik tombol “Download”.
      1. NOTE: Apabila postingan tersebut berisi lebih dari satu gambar, maka Anda akan melihat lebih dari satu gambar juga. Download semua gambar yang ada.

 

Prosedur Kerja

Membuat FansPage di Facebook

  1. Login ke facebook melalui www.facebook.com
    1. Jika belum memiliki akun, silahkan buat akun terlebih dahulu atau silahkan Login dengan akun  anda jika sudah memiliki akun facebook
  2. Klik buat halaman di pojok kanan atas. Anda juga bisa melakukan nya melalui www.facebook.com/pages setelah itu klik buat halaman di kanan atas.
  3. Kemudian pilih perusahaan, organisasi atau institusi. Pilih kategori “perusahaan internet” saja.
  4. isikan nama perusahaan tersebut dengan layanan yang dipromosikan. Contoh isi nama dengan “Jasa Foto Semarang”.
  5. Bisa menambahkan foto profil, foto sampul, dan deskripsi singkat. Untuk foto bisa diambil dari gambar dari Internet. Deskripsi singkat bisa melihat di halaman tentang kami di website layanan yang dipromosikan.
  6. Mulai memposting sesuatu yang berhubungan dengan Page yang anda buat tadi
    1. Misal anda membuat page “Jasa Foto Semarang”, anda bisa memposting tentang gambar-gambar yang telah diberikan dan anda bisa menambahkan caption yang sesuai dengan gambar tersebut.

CATATAN:

  1. Cara pertama untuk mencari sebuah pengikut anda bisa mengikuti orang yang berada dalam fanspage lain yang sejenis dengan fanspage yang kita buat. Contoh kita membuat fanspage dengan nama “Jasa Foto Semarang” kita harus mencari fanspage lainnya yaitu “Jonas Foto Semarang” kita bisa mengikuti orang-orang yang ada di dalam fanspage tersebut.
  2. Cara kedua untuk mencari sebuah pengikut sama dengan cara diatas yaitu mencari fanspage lain yang sejenis dengan fanspage kita, kemudian kita bisa komentar di salah satu post yang berisi iklan agar pengunjung tertarik dengan fanspage kita. Contoh kita bisa menuliskan “Bagi yang berminat foto bisa berkunjung disini”.
  3. Anda bisa mengakses halaman yang anda buat melalui www.facebook.com/pages di menu tab Halaman Anda

 Membuat Page di Twitter

  1. Buka twitter.com
  2. Lalu klik sign up untuk mendaftar akun baru.
    1. Catatan: Jangan Login menggunakan akun anda (Jika ada). Jika sudah login dengan akun lama anda, Logout dan buat akun baru
  3. Buat akun dengan email berbeda dari akun twitter yang sudah anda miliki (Jika ada).
  4. Di Kolom Full Name, isi dengan layanan yang dipromosikan Contoh “Jasa Pembuatan Website Semarang”
  5. Isi Sign Up Form nya
  6. Lalu username isi dengan nama yang berhubungan dengan page yang anda buat. Misal “@jwebsmg”
  7. Mulai memposting sesuatu yang berhubungan dengan akun yang anda buat tadi.
    1. Misal anda membuat akun “Jasa Pembuatan Website Semarang”, anda bisa memposting tentang gambar-gambar dari internet dan anda bisa menambahkan caption yang sesuai dengan gambar tersebut.

CATATAN:

  1. Cara pertama untuk mencari sebuah follower anda bisa menfollow orang yang berada dalam account yang sejenis dengan account yang kita buat. Contoh kita membuat account dengan nama “Jasa Pembuatan Website Semarang” kita harus mencari account lain contoh “Website Fanindo Semarang” kita bisa menfollow orang-orang yang ada di dalam account tersebut.
  2. Cara kedua untuk mencari sebuah follower sama dengan cara diatas yaitu mencari account lain yang sejenis dengan account kita, kemudian kita bisa komentar di salah satu post yang berisi iklan agar pengunjung tertarik dengan brand kita. Contoh kita bisa menuliskan Bagi yang berminat pembuatan website bisa berkunjung disini.

 Membuat Akun di Instagram

  1. Download aplikasi Instagram melalui Play Store (jika belum ada)
  2. Lalu daftar menggunakan email dan mengisikan nama yang sesuai dengan layanan yang dipromosikan. Contohnya “Jasa Konsultasi Ansuransi”
  3. Anda Bisa menambahkan foto profil dan deskripsi singkat. Untuk foto bisa diambil dari gambar yang dari internet. Deskripsi singkat bisa melihat di halaman tentang kami di website layanan Anda.
  4. Mulai memposting sesuatu yang berhubungan dengan Page yang anda buat tadi
    1. Misal anda membuat page “Jasa Konsultasi Ansuransi”, anda bisa memposting tentang gambar-gambar yang telah diberikan dan anda bisa menambahkan caption yang sesuai dengan gambar tersebut.

CATATAN:

  1. Cara pertama untuk mencari sebuah follower anda bisa menfollow orang yang berada dalam account yang sejenis dengan account yang kita buat. Contoh kita membuat account dengan nama “Jasa Konsultasi Ansuransi” kita harus mencari account lain contoh “Jasa Asuransi Semarang” kita bisa menfollow orang-orang yang ada di dalam account tersebut.
  2. Cara kedua untuk mencari sebuah follower sama dengan cara diatas yaitu mencari account lain yang sejenis dengan account kita, kemudian kita bisa komentar di salah satu post yang berisi iklan agar pengunjung tertarik dengan brand kita. Contoh kita bisa menuliskan Bagi yang berminat pembuatan website bisa berkunjung disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *