Business News

Menelfon Google Ads

Pada tanggal 27 September 2018, saya menghubungi pihak Google Ads untuk menanyakan beberapa hal yang saya kurang begitu mengerti dalam menjalankan kampanye (eng: campaign) di Google Ads. Dalam beberapa bulan ini, saya ingin mempelajari Google Ads karena saya pikir terdapat solusi atas masalah- masalah khusus yang saya alami, yang bisa terselesaikan dengan Google Ads tersebut. Saya skip saja untuk keutamaan utama penggunaan Google Ads karena ada banyak artikel di luar sana yang sudah mengupas nya. Langsung saja ini cerita pengalaman saya.

Panggilan Telepon pertama saya

Ketika masuk ke halaman depan situs Google Ads, disana telah tertera nomor telepon pihak Google yang bisa di hubungi. Tindakan melakukan panggilan telepon ini saya lakukan pada pukul 10:23, dan saya menghubungi mereka ke nomor kontak berikut: 021-29703917. Dari info yang tertera, mereka available (online dan tersedia menerima panggilan telepon pukul 9:00- 18:00 WIB). Ketika terhubung ke nomor tersebut, saya disambut dengan automatic greeting voice messages (ucapan pembukaan otomatis) yang mengatakan “Selamat datang di layanan Google Ads… bla.. bla.. bla..”. Kemudian, dari ucapan salam otomatis itu, ada 3 pilihan yang harus saya lakukan. Tekan 1 apabila belum memiliki akun Google Ads dan meminta pihak Google untuk memandu membuatkan nya. Tekan 2 apabila sudah punya akun Google Ads dan ingin mendapat bantuan terkait setup akun, dan tekan 3 apabila ada masalah dengan produk google yang lain (Gmail, YouTube, dll). Saya kemudian menekan “2′.

Setelah itu, saya diminta memasukan ID pelanggan saya yang jumlah nya 10 digit, yang langsung bisa saya dapatkan apabila saya membuka akun saya. Letak nya di sebelah kanan atas. Jangan salah pilih apabila Anda login di multi akun. Pastikan ID pelanggan yang Anda masukan adalah yang sedang ingin Anda setup.┬áSetelah memasukan ID pelanggan, saya kemudian terhubung dengan operator. Lebih tepat nya “Bagian Marketing” Google Ads. Ya, front end yang menerima pertama kali telepon Anda adalah bagian marketing. Bukan bagian teknis (meskipun saya menekan opsi 2 dengan tujuan bertanya sesuatu hal terkait dengan opsi setup akun).

Respon saya ketika terhubung dengan operator

Jujur saja saya kurang puas dengan pelayanan pihak Google Ads. Terkesan “Tidak Profesional”. Lebih profesional teller bank ataupun CS bank yang biasa saya telepon. Hari ini saya menghubungi mereka sebanyak 3X. Telepon pertama, yang ngangkat adalah seorang cowok. Saya bertanya seperti ini; bisa dibantu untuk setup iklan. Jawaban nya “Ummm….”, “Hemmm…”. “Bentar… bentar…”. Please, ini Google, salah satu perusahaan yang memiliki nilai saham tertinggi di dunia. Masa kalah pelayanan nya sama CS BRI (Bank Rakyat Indonesia). Karena merasa tidak nyaman dalam mendapatkan pelayanan, saya menyudahi saja telepon nya, kemudian melakukan panggilan telepon baru. Siapa tahu beruntung mendapatkan operator yang lebih sigap.

Telepon kedua

Dalam tindakan menelfon kedua kali nya ke Google Ads, saya terhubung dengan operator cewek. Tidak begitu profesional, tetapi masih mending daripada yang pertama tadi. Dari kejadian tersebut, saya menanyakan beberapa hal terkait dengan setup akun. Adapun hal- hal yang saya tanyakan selaku Newbie, dan jawaban respon mereka, cukuplah baik. Hanya gaya dan cara penyampaian nya tidak profesional. Terkesan yang mengangkat adalah anak fresh graduate dari SMA yang kualitas nya dibawah rata- rata.

Telepon ketiga

Di sesi telpon ke-3 yang saya lakukan, saya terhubung dengan oeprator cewek lagi. Kualitas nya tidak jauh- jauh amat dari operator yang kedua; dan sedikit lebih baik. Saya menelfon panjang lebar, dan dilayani dengan BIASA SAJA. Hingga akhirnya, saya masuk ke sebuah pertanyaan yang sedikit rumit dan sangat teknis. Hingga akhirnya, saya diminta untuk disambungkan ke bagian Teknis.

Ketika jalur telepon dihubungkan dengan bagian teknis, saya perlu menunggu dan memencet beberapa pilihan dari salam ucapan suara yang muncul tersebut. Setelah itu, saya greetings voice messages mengatakan kalau saya harus menunggu beberapa saat untuk terhubung dengan operator. Setelah menunggu cukup lama, tiba- tiba saja telepon terputus.

Bagian Teknis Google Ads yang sangat PRO !!!

Setelah telepon terputus, akhirnya saya memutuskan untuk tidak menghubungi mereka lagi. Namun, beberapa detik setelah itu, telepon kantor saya berdering dan saya mendapatkan telepon dari bagian teknis Google Ads. Terhubung dengan staff cowok. Kali ini, baru saya terkesima dengan pelayanan di bagian teknis ini. Mereka menjawab dengan sigap, profesional dan tepat. Pertama- tama saya diminta untuk mengajukan semua pertanyaan- pertanyaan saya. Ada dua pertanyaan waktu itu yang ingin saya ajukan. Setelah semua pertanyaan saya lontarkan, operator tersebut langsung menjawab pertanyaan nya. Nada bicaranya menunjukan profesionalitas yang tinggi. Bahkan pelayanan ini adalah terbaik dari semua CS dan Teller yang pernah saya temui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *