Business News

Mengenal Lebih dalam tentang Fans page Facebook

Fanpage adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.

Manfaat

Memisahkan Konten Bisnis dan Personal

Keuntungan pertama membuat fanpage FB untuk bisnis/komunitas yaitu Anda tidak perlu repot memisahkan konten bisnis dan personal. Jelas hal ini akan berbeda bila Anda menggunakan akun pribadi untuk berbisnis yang seringkali membuat informasi terlihat campur aduk. Adapun dengan membuat fanpage brand bisnis, Anda bebas memperbarui informasi seputar produk dan tidak perlu takut tercampur dengan konten kehidupan pribadi. Tentu hal ini juga akan memudahkan calon konsumen guna lebih mengenal brand yang Anda tawarkan.

Jumlah Fans Tidak Terbatas

Membuat fanpage FB dirasa lebih mudah karena pengguna yang lain cukup klik like page dan tidak perlu berteman dengan akun bisnis yang dibuat. Hebatnya lagi jumlah fans tidak dibatasi yang berati Anda boleh memiliki fans sebanyak-banyaknya. Sementara bila Anda membuat akun biasanya per akun hanya bisa berteman dengan 5000 orang saja. Namun, sebenarnya sah-sah saja membuat akun untuk bisnis bila Anda ingin usaha yang dijalankan lebih bersifat personal. Misalnya Anda bisa lebih dekat dengan buyer bila menggunakan akun facebook pribadi.

Dapat Ter-index Oleh Search Engine

Salah satu keuntungan lain yang tidak kalah menarik yaitu fanpage FB bisnis Anda bisa ter-index oleh mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, cara ini termasuk cara jitu untuk mengenalkan brand Anda lebih luas lagi. Sehingga para buyer pun akan lebih mudah mengakses informasi seputar brand yang Anda tawarkan.

Free Tag

Untungnya membuat fanpage FB bisnis selanjutnya para buyer dapat bebas menge-tag postingan yang Anda unggah di page. Dengan demikian, teman-teman pengguna FB lainnya bisa mengetahui informasi yang Anda unggah. Bisa dibilang hal ini menjadi akses beriklan secara gratis untuk para pebisnis. Selain itu, ada pula fitur check-in. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna Facebook lainnya men-tag brand Anda yang sudah memiliki fanpage saat mereka akan check-in di suatu lokasi tertentu.

Tampil pada Newsfeed fans / Buyer

Setiap postingan yang Anda unggah di page akan ditampilkan pada newsfeed. Dalam hal ini fans/ buyer cukup klik like guna mendapatkan info terbaru tentang brand Anda setiap hari. Hal inilah yang kerap disebut newsfeed marketing yang tidak lain merupakan pemasaran brand produk dari pebisnis lewat newsfeed para buyer yang tidak lain adalah fans dari page Facebook yang sudah dibuat. Cukup menarik bukan.

Kesan Profesional

Pebisnis yang memiliki fanpage cenderung terlihat lebih profesional. Terlebih bila fanpage bisnis dikelola secara apik dan rutin memberikan informasi terbaru tentang produk yang dijual/aktivitas yang dijalankan. Pastinya akan lebih menarik lagi, bila di dalam fanpage Facebook Anda senantiasa mengajak para Fans/ buyer untuk berinteraksi secara aktif. Misalnya dengan aktif membuka diskusi seputar kualitas produk yang sudah dipasarkan, bertanya tentang kritik dan saran, atau sebagainya. Sehingga para fans/ buyer pun akan merasa pendapat mereka penting dan diperlukan.

 

Perbedaan Fans page dan Akun Facebook biasa (Facebook personal)

Perbedaan paling mencolok dan paling penting dari sebuah Fanpage dengan profile page biasa adalah pada jumlah koneksi yang bisa diperoleh. Facebook profile page memiliki batas pertemanan hingga 5000, sementara sebuah FP dapat memiliki jumlah fans tak terbatas.

Secara default, sesungguhnya setiap user Facebook yang menggunakannya sebagai sarana komersial (termasuk berjualan atau memperkenalkan merek tertentu) tak boleh menggunakan profile page biasa

Facebook Profiles

  • Untuk perseorangan, non-komersil
  • Menampilkan individu dan harus memiliki nama asli sesuai dengan identitas resmi
  • Dapat menjalin pertemanan
  • Dapat difollow, untuk melihat update status (public) di newsfeed.

Facebook Fanpage

  • Terlihat sama dengan Facebook profile, tetapi beragam tools yang dapat digunakan untuk berkoneksi dengan orang-orang, digunakan secara umu oleh bisnis, pemilik merek, organisasi dan selebriti
  • Dikelola oleh adminn yang memiliki akun profiles
  • Memiliki laporan (insight) untuk membuat admin atau pemilik Fanpage mempelajari bagaimana interaksi pengguna dengan FP tersebut

Konsep Fanpage

  • Fanpage dapat dibuat melalui akun Facebook tanpa batasan jumlah.
  • Artinya Anda bisa membuat banyak sekali FP untuk berbagai jenis biosnis yang Anda miliki hanya dengan 1 akun saja.
  • Dengan demikian, selalu biasakan untuk memisahkan FP berdasarkan niche bisnis Anda (jika lebih dari satu) dan jangan mencampuradukkannya hanya di satu FP saja, kecuali memang seperti itulah kebutuhan bisnis Anda.

 

Catatan Kaki

Sumber: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *