Business News

Pengertian Tugas | Mamahami Tugas dalam Organisasi atau Perusahaan

Tugas adalah penjabaran atas langkah/ tindakan (yang telah ditetapkan secara subjektif) yang dilakukan agar dapat terpenuhi nya Tanggung Jawab kerja. Tugas yang dimaksud disini adalah poin- poin apa saja yang harus dikerjakan (poin- poin tugas), untuk bisa memberikan gambaran mengenai hal apa yang harus dilakukan seseorang ketika akan memegang jabatan di dalam suatu unit kerja.

Tanpa poin- poin tugas ini, orang yang hendak memegang jabatan dalam suatu unit kerja, akan terkejut, bilamana ternyata dia tidak memiliki skill/ kompetensi/ tidak mampu melakukan tugas- tugas tersebut.

Sebelum nya telah juga dituliskan “Yang telah ditetapkan secara subjektif”. Dituliskan demikian karena pilihan tindakan untuk mewujudkan tanggung jawab bisa beraneka ragam.

Sebagai contoh [1]: Salah satu tanggung jawab Manajer HRD adalah: Mensuplai kebutuhan SDM di semua departemen, startup dan organisasi. Dari tanggung jawab tersebut, bisa dijabarkan sebuah tugas seperti ini:

  • Melakukan pencarian SDM sesuai dengan kriteria yang sedang dibutuhkan.
  • Menjalankan tes seleksi (Interview, tes tertulis, dsb) sekaligus menyaring calon kandidat, agar mendapatkan kandidat yang tepat dan potensial, yang nantinya akan bergabung dengan organisasi.
  • Memberi pembelajaran dasar mengenai organisasi, budaya kerja, aturan, hal teknis dasar dalam bekerja, dan semua hal dasar mengenai pekerjaan (yang tidak menyangkut hal khusus pembelajaran department yang di tempati) kepada anggota yang baru masuk ke dalam perusahaan.
  • Melakukan test untuk mengetahui potensi, kapabilitas, kemampuan dan bakat dasar, dari para anggota untuk digunakan sebagai bahan acuan guna penempatan ke posisi divisi ataupun departement yang lebih cocok.
  • Melakukan penilaian atas performa kerja yang dilakukan untuk dijadikan bahan laporan, bahan evaluasi dan bahan raport kepada pihak manajemen upline.

Contoh [2]: Salah satu tanggung jawab Manajer HRD adalah: Mensuplai kebutuhan SDM di semua departemen, startup dan organisasi. Dari tanggung jawab tersebut, bisa dijabarkan sebuah tugas seperti ini:

  • Melakukan pencarian anggota secara door to door dengan memberikan penawaran recruitment dari rumah ke rumah.
  • Memberitahu teman- teman, saudara, dan orang dekat yang dikenal untuk mencari calon kandidat potensial.

Balik lagi ke penjelasan sebelum nya telah juga dituliskan “Yang telah ditetapkan secara subjektif”. Jadi cara untuk mengerjakan/ mewujudkan suatu tanggung jawab kerja, sangat beragam. Bisa menggunakan contoh cara 1, bisa juga menggunakan contoh cara 2. Dua cara tersebut bisa digunakan untuk mewujudkan tanggung jawab kerja.

Tapi, bisa Anda bayangkan “Contoh Cara 2” akan sedikit orang yang mau mengerjakan nya. Dikarenakan terlalu berat. Bila calon kandidat tidak diberitahu mengenai poin- poin tugas nya, dan hanya diberitahu mengenai tanggung jawab nya saja, lalu ternyata tugas yang harus dikerjakan itu adalah tugas seperti yang di “contoh 2”, kemudian kandidat itu merasa bahwa tugas tersebut berat, maka dia akan mengundurkan diri di pertengahan kerja (dan itu akan merugikan perusahaan).

Oleh karena itu, penting untuk menampilkan poin- poin tugas yang harus dikerjakan. Tidak hanya tanggung jawab saja yang di perlihatkan.

 

ARTIKEL TERKAIT LAIN:

One thought on “Pengertian Tugas | Mamahami Tugas dalam Organisasi atau Perusahaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *