Business News

Pengertian Two Factor Authentication atau Verifikasi Dua Langkah

Two Factor Authentication adalah keamanan tambahan yang digunakan oleh sebuah akun, dimana ketika seseorang mencoba login, maka dia akan diminta kode untuk masuk. Kode yang di dapatkan ini perlu dimasukan ke dalam halaman login yang menampilkan permintaan kode.

Untuk memberikan gambaran dasar, berikut adalah contoh kasus nya: Bambang melakukan setup Two Factor Authentication dengan jenis Apps Authenticator di akun Facebook nya. Suatu ketika, Bambang mencoba login ke dalam akun nya, menggunakan email dan password yang biasanya dia gunakan. Setelah login, halaman Facebook nya tertampil tulisan “Masukan Kode Authentifikasi”. Bambang perlu melakukan pengecekan kode Authentifikasi di HP nya dan mendapatkan kode itu. Kode nya biasanya adalah 6 digit angka. Bambang kemudian memasukan kode ini di Facebook. Barulah dia bisa masuk dan menggunakan akun nya.

Two Factor Authentication sering nya mengarah ke penggunaan aplikasi Authentication (seperti Google Authenticator ataupun Microsoft Authenticator). Tetapi, pengertian dari Two Factor Authentication sebenarnya tidak selalu menggunakan aplikasi authenticator untuk penggunaan nya.

Two Factor Authentication ada beberapa jenis. Yang paling umum memang penggunaan aplikasi Authenticator. Namun, Two Factor Authentication ini juga bisa berupa penggunaan nomor ponsel, dan penggunaan email juga.

Dalam contoh “Two Factor Authentication” penggunaan ponsel, maka seseorang yang hendak masuk ke dalam akun, perlu mendapatkan kode verifikasi terlebih dahulu yang dikirimkan (baik melalui SMS ataupun panggilan suara) ke nomor telepon yang telah di setup sebelum nya. Hal yang sama juga berlaku dengan Authentication menggunakan email.