Business News

Review dan Download Projectopia dan CQPIM | Projects Management WordPress Plugin

Jika Anda sedang mencari sebuah plugin WordPress yang bisa di jadikan Projects Management, mungkin Anda pernah menemui dua nama plugin ini: Projectopia dan CQPIM. Projectopia dan CQPIM meskipun nama nya berbeda, namun hampir semua fungsi menu nya sama. Mungkin saja, CQPIM adalah open source nya, sedangkan Projectopia adalah versi release nya. Atau mungkin, ada seseorang yang merewrite script CQPIM (yang berupa Open Source) dalam hal tampilan nya, kemudian menjual nya. Entah apapun itu, saya tidak mencari tahu lebih lanjut.

Perbedaan Projectopia dan CQPIM

Jika Anda hendak mencoba plugin Projectopia dan CQPIM, Anda bisa menggunakan artikel ini sebagai referensi penilaian sebelum memutuskan untuk menggunakan nya.

Tampilan Menu

Silahkan melihat dan menilai sendiri tampilan menu antara kedua plugin tersebut. Menurut saya, CQPIM navigasi menu nya lebih baik dibandingkan Projectopia yang terasa terlalu sempit.

Tampilan Menu CQPIM 1
Tampilan Menu CQPIM 2
Projectopia- Menu Pages

Tampilan User Role

Jikalau CQPIM memiliki format user cqpim_admin, cqpim_client, dll, maka tampilan

Projectopia Role

Menu Pages

Sedangkan di Menu Pages, akan berubah menjadi CQPIM Client Dashboard, CQPIM Login dan CQPIM Password Reset.

Projectopia Pages

Hal yang perlu diketahui

Bisa Menambahkan Roles

Anda bisa menambahkan Roles untuk mengatur akses. Penambahan ini pun relatif mudah dilakukan.

Menu Support Ticket

 

Tersedia Menu Task dan Projects

 

Kekurangan

Setelah menginstal kedua plugin ini, saya mengambil sebuah kesimpulan, bahwa Plugin ini tidak cocok untuk perusahaan saya. Tapi, bukan berarti plugin ini tidak cocok juga untuk Anda. Saya mungkin memiliki beberapa persyaratan fitur yang tidak dimiliki oleh Plugin ini, sehingga saya memutuskan bahwa plugin ini tidak cocok. Tetapi, sekali lagi, bukan berarti plugin ini tidak cocok juga untuk Anda. Berikut saya berikan penjelasan atas kekurangan dan kelebihan plugin ini dari sudut pandang saya.

Assignee User bisa mengedit Task dan Projects

Inilah yang kekurangan paling vital menurut saya. User yang diberi Task/ Projects, seharusnya tidak bisa melakukan pengeditan pada Task/ Projects tersebut. Tetapi, baik itu dalam Projectopia ataupun CQPIM, User yang diberi Assignee bisa mengubah nya. Jadi, informasi yang dituliskan oleh orang yang memberikan Projects/ Task bisa dengan mudah di ubah- ubah.

Saya sudah mencoba melakukan pengeditan Capability dengan menggunakan User Role Editor, tetapi hasilnya masih tetap sama (tidak mau berubah). Sedangkan, pilihan restriction ini pun tidak ada di dalam menu “Roles and Permission”.

Pada gambar Milestone dan Task 1, Anda bisa melihat bahwa saya memberikan akses kepada salah satu akun saya dengan roles User yang bernama Alexander Fransesca. Tetapi, ketika saya login dengan menggunakan akun Alexander Fransesca tersebut (Lihat gambar Milestone dan Task 2), saya bisa mengedit nya dengan leluasa.

Milestone dan Task 1

User Task harus di tambahkan ke Team Members terlebih dahulu

Beberapa akibat yang akan terjadi apabila perlu menambahkan User ke Projects Manager langsung adalah;

  1. User bisa melihat semua Task di dalam Projects.
  2. User bisa mengedit Projects juga.
  3. User bisa mengedit Task orang lain.

 

Demo

Untuk bisa merasakan pengalaman menggunakan Projectopia, Anda bisa mencoba Demo nya di link berikut: Demo- Projectopia WordPress Project Management. Gunakan login berikut untuk masuk:

Admin –

Team Member –

Client Dashboard –

 

Download Projectopia dan CQPIM

Apabila Anda berminat mendownload Plugin WordPress dan CQPIM ini, Anda bisa melakukan nya dengan mengunjungi situs Foxy Tracker. Gunakan kode kupon ini: WPPLG001 untuk membeli secara gratis. Buruan, sebelum kupon nya expired. Daripada kalian membeli nya 40$ (setara 500 ribu an) di vendor nya langsung disini: Projectopia WordPress Project Management, lebih baik beli setengah harga nya di situs Foxy Tracker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *