Business News

Review Pilihan CRM Open Sourche berdasarkan Pengalaman Pribadi

Ketika membuat tulisan ini, saya memang sedang mencari pilihan CRM yang gratis di internet. CRM adalah sebuah program yang kompleks, sehingga sangat jarang sekali ada yang gratis. Oleh karena itu juga, saya mencoba mencari nya dengan kata kunci “Open Souche”. Karena kebanyakan program/ software “Open Souche” itu gratis (karena dibuat oleh banyak orang).

Saya melakukan pencarian informasi pada 11 Juli 2019. Sebelum nya, saya sudah memiliki CRM yang terinstal di dalam hosting saya di Hostinger. Yaitu Perfex CRM. Saya tidak beli, tetapi saya agak lupa, bagaimana saya mendapatkan nya dulu. Saya ingin berpindah CRM karena beberapa alasan berikut: [1]. Terdapat banyak fitur yang tidak saya butuhkan, [2]. Ingin mencaritahu bilamana ada Software hosted yang lebih baik, [3]. Beberapa fitur tidak sesuai kebutuhan saya. Berikut adalah data yang saya kumpulkan.

Odoo CRM

Saya menemukan Software ini di list teratas. Biasanya, Google kan memunculkan hasil pencarian terbaik, dan saya pikir juga Odoo ini merupakan salah satu software CRM gratis yang terbaik pula. Pencarian saya lakukan dengan kata kunci “open source crm”.

Seperti pengalaman sebelum nya dalam memilih layanan yang tepat, saya tidak langsung mencoba Trial nya (meski pihak Odoo menyediakan Demo link nya juga). Saya langsung melihat Pricings (Harga) nya. Dan ternyata, Odoo ini bukan jenis CRM Hosted (yang bisa saya install di server milik saya). Karena ketika saya melihat halaman layanan CRM Odoo, tidak ada tombol “Download”.

Harga tidak bisa di bilang Murah, yaitu $ 72 USD untuk satu tahun. Padahal, saya cari yang gratis. Disisi lain, mereka menetapkan banyak Add Ons berbayar. Sehingga, kesimpulan saya adalah, fitur nya yang biasa, pasti akan sangat kurang sekali (sangat simple). Akhirnya, saya beralih mencari informasi lain.

 

Suite CRM

Selanjutnya, saya mendapatkan informasi dari salah satu situs ranking bernama FitSmallBusiness mengenai beberapa pilihan terbaik berikut ranking nya. Pilihan pertama ada Suite CRM. Karena penasaran, saya mencoba untuk link Demo nya di halaman ini: Demo- SuitCRM.

Saya melakukan registrasi (sesuai persyaratan untuk mendapatkan link demo), kemudian saya mendapati Email yang berisi link demo dan data login (Username dan Password). Tapi, Anda tidak perlu melakukan nya, karena link demo nya bermasalah (502 Gateway Error). Adapun data login nya adalah “Will”. Saya yakin, data login untuk semua User yang ingin mencoba demo nya adalah sama. Anda bisa melihat email yang saya terima disini: Download Email Login Demo Suite CRM.

Karena link demo nya bermasalah, saya sempat untuk mengurungkan niatan saya. Tetapi, saya teringat, di Hostinger terdapat suatu CRM pada menu “Auto Installer”. Saya coba check (siapa tahu ada Suite CRM disana). Dan ternyata memang ada. Kemudian, saya pun melakukan instalasi di server saya.

Secara overal, Suite CRM ini bagus. Bahkan lebih bagus daripada Perfex CRM. Hal kecil yang menjadi alasan saya tidak menggunakan Suite CRM ini (bila saya perbandingkan dengan Perfex CRM yang saat ini saya miliki) adalah: [1]. Tidak ada fitur “Schedule/ Repeating Task”, [2]. Tampilan UI/ UX nya menurut saya jelek, [3]. Ada banyak fitur bagus, tetapi fitur itu saat ini tidak terlalu saya butuhkan, [4]. Tidak ada fitur Customer/ Public view untuk tugas/ milestone.

Sebenarnya, untuk fitur Repeating Task, bisa di lakukan penginstalan sendiri. Tutorial dan sourche code nya bisa di dapatkan disini: Suite CRM >> Developer Guide > Scheduled Tasks. Tetapi tidak saya lakukan. Disamping males install, saya juga tidak jago menginstal kode- kode semacam itu. Karena alasan itu pula, saya tidak jadi menggunakan Suite CRM ini.

Taiga IO

Selanjutnya, saya mencoba mencari informasi lain dengan kata kunci yang berbeda “team collaboration software free hosted”. Akhirnya,¬†saya mendapati Taiga IO dari situs review juga yang bernama¬† Alternative To. Taiga menempati urutan ke-2, dan saya pikir cocok untuk dicoba.

Anyway, urutan pertama ada yang nama nya NextCloud. Tetapi, melihat komentar pengguna Next Cloud, saya pikir ini bukan sebuah CRM atau Projects Management. Tapi lebih mengarah pada “Penyimpanan/ Cloud”. Karena itu, tidak saya coba.

Tetapi, ketika membaca salah satu komentar di halaman tersebut, ternyata tidak gampang untuk menginstal Taiga di dalam server Hosted. Memang, ada panduan nya yang bisa Anda lihat disini: Taiga Documentation. Tetapi, bagi saya, rada alergi untuk menginstal nya pake menu perintah Sudo… Sudo… gitu. Halaman Setup komponen selengkapnya bisa di lihat disini: Taiga: Setup production environment.

Disisi lain, bila Anda melihat dokumen nya, sangat banyak hal yang perlu dilakukan untuk menginstal nya di server hosted. Jadi, saya urungkan niatan saya. Kalau mau instan ya beli sekalian server nya. Tapi, harga nya rada mahal dan sangat terbatas (lihat screenshot Pricings Taiga).

Sugar CRM

Kalau untuk Sugar CRM ini, saya melakukanb review ketika mencoba menginstal Suite CRM di hosting saya. Sebelum nya saya katakan, hosting yang saya pakai (Yaitu Hostinger) terdapat fitur Auto Instaler. Dan di dalam nya terdapat Sugar CRM, sehingga saya bisa menginstal nya dengan mudah.

Untuk review tentang Sugar CRM ini, saya tidak terlalu tertarik. Ketika melihat sekilas, langsung saya tutup saja. Karena tampilan UI/UX nya yang tidak saya sukai. Kalau mengenai fitur nya, saya cukup yakin, hampir sama dengan Suite CRM.

Penutup Sementara

Sementara, hanya itu yang bisa saya tuliskan mengenai ekplorasi saya mendapatkan pilihan CRM gratis yang saya lakukan pada tanggal 11 Juli 2019 ini. Apabila saya melakukan pencarian lagi, akan saya tuliskan update nya di halaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *