Business News

Text Google Advertising

Pola Spin Text Advertising

Silahkan lihat video berikut

 

Hal yang harus di pahami

  1. Jangan menggunakan kalimat dewasa/ jorok/ kotor.
  2. Jangan menggunakan kalimat yang: Terlalu hiperbola (super, dijamin, pasti, dll).

 

Jenis Iklan berdasarkan Target

Retargeting

Mencari orang baru

 

Jenis Iklan dan Pola

Display Ads

Gmail Ads

 

Mengembangkan Text iklan

  1. Sebuah web yang bagus harusnya berisikan poin- poin kelebihan (beserta penjelasan nya juga) di dalam nya. Jika saat ini Anda hendak membuat text iklan, lebih baik cari terlebih dahulu halaman yang berisikan kelebihan layanan tersebut.
    1. Anda mungkin akan kesulitan, dan akan kehilangan informasi penting mengenai kelebihan yang dimiliki oleh suatu layanan yang Anda promosikan, bila hanya sekedar melihat konten nya.
    2. Cara terbaik untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki layanan tersebut, adalah mendapatkan informasi dari pengelola layanan tersebut.
    3. Pengelola yang benar, akan menuliskan semua kelebihan yang dimiliki oleh layanan di dalam situs nya.
    4. Karena Anda mungkin tidak tahu dimana halaman yang berisikan kelebihan layanan yang dipromosikan, Anda bisa mencarinya dengan mengetikan text berikut di browser: domainsitus.com<spasi>kelebihan. Contoh: stasashi.com kelebihan.
  2. Buat text iklan sesuai jumlah text nya.
  3. Inti text iklan adalah menyampaikan informasi kepada audience (penonton iklan) dan sebisa mungkin harus efektif. Oleh karena itu, text iklan harus: singkat, padat, dan jelas.
    1. Sehingga, Anda perlu memangkas text yang sekiranya tidak penting.
    2. Contoh text iklan yang belum dipangkas (salah karena terlalu panjang): “Anda bisa memulai magang pada tanggal yang Anda pilih sendiri”.
    3. Contoh text iklan yang sudah dipangkas (benar): “Tanggal mulai bisa dipilih sendiri”.
  4. Satu baris kalimat text iklan harus berisikan SATU TOPIK keterangan, yang bisa diterima dan dibaca dengan jelas oleh audience. Jangan memasukan lebih dari satu topik.
    1. Teknologi Advertising dari Google, yaitu -sebut saja- spin text, memungkinkan kalimat text bisa berubah- ubah.
    2. Teknologi AI yang dimiliki google bisa mempelajari text mana yang paling banyak disukai orang, dan menampilkan text tersebut -atau kombinasi text tersebut- lebih sering kepada audience.
    3. Sehingga, jangan memasukan lebih dari SATU TOPIK dalam satu kolom text iklan. Karena malah hanya akan membuat audience tidak fokus.
  5. Kolom iklan lain hanya perlu memasukan text dengan tema yang sama. Jangan memasukan text yang intinya malah keluar dari tema.
    1. Text dengan tema yang lain, dituliskan/ dimasukan di iklan yang lain.
    2. Setiap iklan memiliki satu tema.
    3. Contoh kasus, Anda mempromosikan layanan magang di Edu Digime Bay. Layanan tersebut memiliki keunggulan. Dua dari banyak keunggulan nya tersebut adalah: [1]. Tanggal masuk bisa dipilih sendiri, dan [2]. Mendapatkan insentif.
    4. Untuk text iklan yang salah adalah sbb: “Magang di perusahaan kami. Tanggal masuk bisa dipilih sendiri, dan Anda juga bisa mendapatkan insentif”. Ini dua tema dijadikan ke dalam satu iklan.
  6. Untuk mempermudah untuk mengembangkan kalimat, pikirkan mengenai masalah yang bisa di selesaikan dengan salah satu kelebihan dari layanan yang dipromosikan tersebut. Dari situ, Anda bisa mendapatkan text tambahan yang bisa disertakan.
  7. Text lain juga bisa dikembangkan dengan menggunakan sinonim keadaan atau keadaan lain dengan masalah yang mirip atau sama.
  8. Pahami dengan benar maksud dari kelebihan tersebut. Sehingga, Anda bisa mengembangkan kalimat dengan benar.
    1. Kita ambil contoh saja Edu Digime Bay. Platform tersebut bertujuan sebagai pendaftaran magang.
    2. Namun, magang bisa berarti lebih dari satu hal. Orang kerja juga bisa dianggap magang. Orang PKL bisa juga disebut sebagai magang.
    3. Orang yang kerja magang, adalah orang yang sudah lulus, dan mendaftar seperti karyawan biasa. Namun, status nya bukan karyawan kontrak, tapi dibawah nya lagi, yaitu magang. Lowongan ini biasanya di isi oleh orang- orang dengan kemampuan yang sangat minim. Tujuan nya adalah untuk mendapatkan uang/ gaji.
    4. Sedangkan magang dalam arti yang dilakukan oleh anak kuliah/ sekolah, disebut juga dengan PKL. Magang seperti ini bertujuan untuk belajar. Bukan mencari uang. Uang/ insentif dalam program magang yang dilakukan oleh anak kuliah/ sekolah adalah hal yang optional.
    5. Jika Anda melihat layanan Edu Digime Bay tersebut, Anda bisa menyimpulkan, bahwa magang yang dimaksud adalah magang yang dilakukan oleh anak kuliah/ sekolah, atau biasa disebut dengan PKL.
    6. Jika Anda sampai salah memahami layanan yang akan dipromosikan, dengan menganggap magang yang dimaksud adalah untuk orang yang ingin mendapatkan kerja, maka Anda bisa saja menulis text iklan yang salah semacam ini: Lowongan Magang di Semarang. Daftar sekarang, dan dapatkan gaji tiap bulan nya.
    7. Jika Anda benar dalam memahami layanan yang akan dipromosikan, text iklan -yang benar- yang akan Anda tulis yang salah seperti ini: Lowongan Magang Secara remote. Dibuka pendaftaran magang untuk mahasiswa/ siswa di seluruh Indonesia.
  9. Pahami overview keseluruhan layanan agar Anda memiliki pilihan kata yang lebih banyak. Jangan hanya terpaku dengan halaman yang berisi kelebihan layanan tersebut.
    1. Contoh kasus. Misalkan Anda sedang mempromosikan layanan Edu Digime Bay. Di situs nya tersebut, tertera bahwa layanan itu sudah berdiri di tahun 2017 dan sudah memiliki ribuan pengguna.
    2. Anda bisa menggunakan informasi tersebut sebagai bahan tambahan text iklan juga.
    3. Contoh nya seperti ini: “Daftar Magang di Edu Digime Bay. Perusahaan kami sudah berpengalaman 3 tahun lebih”.
    4. Kalimat text iklan tambahan “berpengalaman 3 tahun lebih” dan “sudah memiliki ribuan pengguna” hanya bisa Anda dapatkan apabila Anda melakukan observasi pada situs layanan tersebut.
  10. Jika layanan yang Anda promosikan tersebut memiliki induk perusahaan yang cukup besar/ terkenal, bawalah nama dari induk perusahaan tersebut sebagai penguat brand iklan.
    1. PT atau Perseroan Terbatas, bisa dicantumkan untuk materi iklan juga.
    2. Tetapi, jangan mencantumkan nomor ijin PT tersebut di dalam text iklan. Karena itu tidak terlalu berguna. Boleh dicantumkan di belakang iklan video dengan durasi yang minim.
  11. Gunakan sinonim kata. Terkadang, beberapa audience kurang familiar dengan kata yang Anda pilih. Jangan menganggap kata yang Anda ketahui/ pilih tersebut dimengerti/ dipahami/ sering terdengar oleh orang lain juga.
    1. Kita ambil contoh saja Edu Digime Bay. Platform tersebut bertujuan sebagai pendaftaran magang.
    2. Sinonim “Magang” adalah Internship atau PKL.
    3. Anak SMK sering menyebut nya sebagai PKL.
    4. Anak SMA/ universitas swasta, sering menyebutnya sebagai Internship.
    5. Jika Anda tidak menggunakan kata “Internship” dalam kalimat iklan, maka Anda bisa kehilangan audience yang berasal dari Universitas Swasta. Begitu juga jika Anda tidak menggunakan kata “PKL”.
  12. Jangan ragu atau setengah- setengah dalam membuat text iklan.
    1. Contoh salah: “Daftar sekarang, hanya kirim CV dan data diri Anda, kemudian akan kami review”. Kalimat ini bertele- tele dan tidak efektif.
    2. Contoh benar: “Daftar sekarang, dan langsung diterima”. Kalimat ini bersifat To the point, dan efektif. Meskipun pada kenyataan nya, pihak penyedia layanan juga akan mensortir orang yang mendaftar, tapi tidak perlu Anda menuliskan hal tersebut. Ingat !. Jumlah text yang harus Anda buat sangatlah pendek.
    3. Contoh (kedua) salah: “Daftar magang di Edu Digime Bay, dan Anda bisa mendapatkan insentif mulai dari 200 ribu hingga 800 ribu per bulan jika magang lebih dari 2 bulan. Syarat dan Ketentuan berlaku”.
    4. Contoh (kedua) benar: “Daftar magang sekarang, dapatkan insentif hingga 800K/ Bulan”. Nanti bila mereka mengeklik iklan nya, mereka pun akan membaca syarat dan ketentuan nya nya di situs nya.

 

Cara Membuat Text Iklan

  1. Pilih satu topik yang ingin dibuat sebagai kalimat iklan. Topik ini contoh nya seperti salah satu kelebihan dari layanan yang hendak Anda promosikan.

 

Bagian Ads

Headlines

People are most likely to notice your headline text, so consider including words that people may have entered in their Google search. Your text ad consists of three headlines where you can enter up to 30 characters each to promote your product or service. The headlines are separated by a vertical pipe (“|”) and may show differently based on the device someone is using when they view your ad.

Description

Use the description fields to highlight details about your product or service. It’s a good idea to include a “call to action”—the action you want your customer to take. If you’re an online shoe store, your description might include “Shop now” or “Buy shoes now.” If you offer a service, you might want to add something like “Get an instant quote online” or “See pricing.”

Long Headline

The long headline is the first line of your ad, and appears instead of your short headline in larger ads. Long headlines can be up to 90 characters, and may appear with or without your description.

The length of the rendered headline will depend on the site it appears on. If shortened, it will end with an ellipsis.

Tampilang Long Headline

 

Latihan Membuat Text Google Ads

  1. Pilih salah satu situs apa saja yang ingin Anda coba promosikan layanan nya.
  2. Ketahui kelebihan dari layanan tersebut.
  3. Ketahui deskripsi kelebihan dari layanan tersebut.
  4. Duplikat Spreadsheet: Latihan Membuat Text Google Ads
  5. Coba untuk membuat Text Ads, dengan jenis Smart Display. Buka Bottom Tab “Smart Display”.
  6. Masukan judul atas kelebihan dari layanan tersebut, di kolom section pertama.
  7. Masukan deskripsi atas kelebihan dari layanan tersebut, di kolom section pertama.
  8. Masukan judul dan deskripsiu atas kelebihan layanan tersebut di kolom section yang lain nya.
  9. Mulai membuat text ads. Tuliskan heading, description, dll, di kolom tersebut.
  10. Selanjutnya, mulai buat Text Ads, dengan jenis Search Ads. Buka Bottom Tab “Search Ads”.
  11. Lakukan tindakan yang sama seperti diatas.

 

Bagian Ads setiap jenis nya

Search Ads

Responsif Search Ads

Smart Display

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *