Business News

Kampanye Facebook Ads | Tips dan Trik dalam membuat kampanye Facebook

Kampanye

Nama Kampanye

Nama kampanye sebaiknya dibuat dengan format nama: Nama Bisnis- Nama Layanan yang dipromosikan- Tujuan promosi. Contoh: Edu DB- Magang- Traffic.

Kategori iklan khusus

Diabaikan.

 

Rincian Kampanye

  1. Jenis Pembelian: Lelang (hanya ada satu pilihan).
  2. Tujuan Kampanye: Lihat selengkapnya di: XXX
  3. Batas pembelanjaan kampanye: –

Uji A/B

Diabaikan.

Pengoptimalan Anggaran Kampanye

Setup apabila ingin menghabiskan dana dalam suatu kampanye.

 

Set Iklan

Nama Set Iklan

Format: Kategori tujuan kampanye- Publisher. Contoh: Pengalaman Baik- Magazine.

Perlu dituliskan nama publisher nya juga, karena apabila publisher adalah dengan jenis “Company”, maka tujuan kampanye (yang di setting di awal) yang paling cocok digunakan adalah “Konversi”. Sehingga harus menggunakan kampanye yang berbeda. Oleh karena itu, agar memudahkan membedakan nya, nama set iklan juga harus di tuliskan nama “Publisher” nya.

Format: Kategori tujuan kampanye- Publisher, ini bisa memiliki beberapa iklan di dalam nya. Sebagai suatu contoh: Pengalaman Baik- Magazine. Ini berarti, iklan yang akan di publikasikan, mengarah ke Magazine. Dan topik iklan mengenai “pengalaman baik” bisa berbagai macam.

Opsi lanjutan atas tujuan kampanye

Pilih lebih lanjut mengenai opsi lanjutan tujuan kampanye. Hal ini sangat relatif sekali.

Namun, beberapa pilihan yang ada dalam jenis kampanye “Traffic”, yaitu seperti: Messanger, WhatsApp, dll, sistem kerja nya seperti berikut. Bila Anda memilih opsi lanjutan (misalnya) WhatsApp, maka iklan Anda akan ditampilkan orang yang kemungkinan besar membuka WhatsApp. Jadi, facebook bisa mendeteksi, siapa yang memiliki WhatsApp (atau sering menggunakan WhatsApp), dan menampilkan iklan nya kepada mereka. Jika mereka tidak menggunakan/ memiliki/ jarang membuka WhatsApp, maka kemungkinan iklan ini tidak ditampilkan kepada mereka.

KETERANGAN DARI FACEBOOK (MESSANGER)

“Kirim orang dari iklan ke percakapan messanger dengan bisnis Anda. Iklan Anda akan ditampilkan ke orang yang kemungkinan besar akan membuka messanger”.

CONTOH 1: Saya membuka layanan investasi, dengan model baru. Karena model bisnis ini tidak umum atau tidak banyak diketahui oleh orang, maka perlu adanya penjelasan kepada calon customer. Opsi lanjutan untuk memilih WhatsApp, adalah pilihan yang bagus.

Tapi, materi iklan dengan jenis traffic yang menuju ke WhatsApp ataupun Messanger, sekiranya adalah semacam konsultasi atau bantuan customer center.

Materi Iklan Dinamis

KETERANGAN DARI FACEBOOK:

Materi iklan dinamis menggunakan beberapa komponen iklan (seperti gambar, video, judul, deskripsi, dan CTA), lalu mengoptimalkannya untuk memberikan hasil yang efisien untuk setiap impresi yang disajikan. Ini membantu Anda membuat variasi materi iklan yang dipersonalisasi untuk tiap pemirsa iklan Anda, dengan kinerja yang meningkat.

Materi iklan dinamis adalah fitur pengoptimalan yang bagus jika Anda tidak yakin materi iklan apa yang paling sesuai dengan berbagai pemirsa. Karena Anda hanya bisa melihat kinerja gabungan dari semua variasi yang ditayangkan, kami tidak menyarankan materi iklan dinamis sebagai pengganti uji split. Pelajari selengkapnya tentang format iklan dan praktik terbaik untuk melakukan uji split iklan Anda.

Catatan penting: Apabila Anda membuat materi iklan dengan split uji A/B, maka jangan gunakan opsi ini.

Dengan kata lain, materi iklan dinamis ini akan dibuat oleh sistem facebook, kemudian akan ditampilkan ke beberapa audience. Facebook kemudian mengambil sample atas kinerja dari iklan yang ditampilkan tersebut, dan kemudian menyimpulkan materi iklan yang cocok untuk digunakan. Materi iklan yang cocok ini akan lebih banyak ditampilkan (karena indikasi kesimpulan sebelum nya tersebut).

“Materi iklan dinamis tidak perlu digunakan apabila Audience Anda tidak beragam (terpusat) dan sudah diketahui secara jelas.”

Anggaran & Jadwal

ANGGARAN:

  1. Anggaran Harian:
  2. Anggaran sepanjang promosi:

TANGGAL MULAI DAN BERAKHIR

PENJADWALAN IKLAN

Pemirsa

Promo

Fitur ini tidak boleh digunakan apabila melakukan iklan atas nama pihak lain. Karena promo hanya akan cocok apabila yang mengeluarkan adalah dari provider nya langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *