Business News

Manfaat dan Keuntungan Internet Banking

Fasilitas internet banking memiliki berbagai keuntungan bagi nasabah sebuah bank. Pada awalnya, fasilitas ini memang disediakan oleh bank dengan tujuan memudahkan nasabah maupun pihak bank dalam melakukan transaksi perbankan.

Keuntungannya yang paling utama adalah kita sebagai tidak perlu keluar rumah pergi ke bank atau ATM untuk bertransaksi, kecuali tarik tunai. Dengan menggunakan jaringan internet, nasabah dapat melakukan berbagai transaksinya. Dengan demikian, nasabah diuntungkan dalam hal waktu dan biaya.

Dalam hal ini, terutama bagi nasabah yang selalu melakukan transaksi perbankan dalam bisnis. Nasabah pun dapat melakukan transaksi dengan cepat di mana saja dan kapan saja asalkan ada jaringan internet.

Selain membawa manfaat bagi nasabah, fasilitas ini juga memberikan manfaat bagi pihak bank yang mengoperasikannya. Dengan mengoperasikan fasilitas tersebut, bank terbantu dalam hal pengurangan biaya operasional.

Keuntungan lainnya bagi bank, dengan adanya fasilitas ini akan menggiring nasabah-nasabah baru yang memang membutuhkan fasilitas ini. Nasabah bisa melakukan beberapa transaksi perbankan melalui fasilitas internet banking. Berikut adalah keuntungan-keuntungannya bagi nasabah.

#1 Melakukan Transfer Uang Non Tunai

Dengan menggunakan internet banking, kita sebagai nasabah tidak perlu repot-repot pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transfer uang.

Nasabah cukup login ke situs bank yang bersangkutan, memasukkan rekening tujuan serta nominal rupiah atau dolar yang akan ditransfer, lalu dalam hitungan menit bahkan detik, dengan cepat uang akan berpindah ke rekening yang dituju.

#2 Mengecek Saldo dan Mutasi Rekening

Jika ingin melihat saldo rekening, nasabah tidak perlu lagi pergi ke ATM terdekat, cukup dengan memanfaatkan fasilitas, maka nasabah bisa mengecek saldo kapan pun di mana pun dengan laptop, tablet, atau gadget lainnya, plus koneksi internet.

Di internet banking pun, nasabah bisa melihat data transaksi keuangan (mutasi rekening) dalam beberapa hari, minggu atau bulan terakhir

#3 Membayar Tagihan Bulanan

Kini pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, telepon, air, biaya pendidikan, TV berlangganan, bahkan pajak bisa dilakukan tanpa harus datang ke tempat pembayaran seperti biasa.

Tentunya tempat pembayaran tersebut harus terdaftar dan terhubung dengan bank.

Pembayaran bulanan ini bisa di-setting sesuai keperluan dan kebutuhan, sehingga pada waktu jatuh tempo pembayaran akan debit otomatis saldo Anda.

#4 Isi Ulang Pulsa Elektrik

Pulsa elektrik untuk ponsel, modem, atau listrik juga dapat Anda beli dengan mudah dengan layanan.

Pembelian pulsa elektrik ini juga sudah didukung oleh kebanyakan operator seluler di Indonesia.

Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke outlet atau ke toko pulsa lagi untuk mengisi ulang pulsa elektrik. Harganya pun relatif lebih murah.

Biasanya minimal pembelian adalah Rp25.000 untuk pulsa elektrik.

#5 Pembayaran e-Commerce

Jika berminat ingin membeli tiket pesawat, hotel, barang barang elektronik, buku, aksesoris, baju, games, dan pembayaran lain-lain, Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan internet banking.

Pembayaran bisa dilakukan ke pihak-pihak e-commerce yang sudah bekerja sama dengan pihak bank. Daftarnya bisa dilihat di akun Anda.

Jika biasanya Anda membeli tiket pesawat di bandara, atau agen travel terdekat, maka tentunya dengan internet banking hal ini akan jauh lebih mudah.

#8 Mengetahui Program Bank

Bank selalu menginformasikan kepada nasabahnya jika ada program program baru, seperti investasi, angsuran pinjaman, deposito, dan program lainnya.

Hal ini bisa Anda ketahui melalui situs resmi atau situs internet banking bank Anda.

 

Artikel Terkait

 

Sumber

3 thoughts on “Manfaat dan Keuntungan Internet Banking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *