Business News

Menggunakan AdSense pada situs yang hanya berisikan Gambar

Apakah AdSense bisa diterapkan pada situs yang hanya berisi gambar saja, dan tidak berisikan Text?. atau mungkin, berisikan sedikit text (hanya kata atau kalimat saja). Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

Latar Belakang

Saya sebelum nya mengkoleksi banyak gambar dari artis- artis yang saya suka. Jumlah gambar  yang saya miliki mencapai ribuan, dan telah saya kumpulkan selama 10 tahun. Saya kemudian membuat sebuah situs yang berisikan gambar- gambar tersebut. Tetapi, kala itu, saya tidak mencoba apply di adsense.

Seiring berjalan nya waktu, saya ingin agar situs itu bisa menghasilkan uang (earning), sehingga muncul niatan untuk mengapply situs itu ke AdSense. Namun, dari pengalaman saya sebelum nya, saya juga pernah membuat sebuah Blog yang di dalam nya berisikan gambar saja (atau hanya dengan sejengkal text semata). Ketika mencoba apply ke AdSense, permohonan kemudian ditolak. Alasan nya adalah; konten tidak memiliki cukup text.

Dengan keadaan demikian, apa yang harus saya lakukan agar bisa diterima oleh AdSense, dengan modal situs yang konten nya hanya berisi gambar saja. Pertanyaan tersebut akan terjawab di bagian bawah ini nanti.

Tujuan

Mendapatkan cara yang tepat untuk bisa mendapatkan earning yang cukup bagus nominal pembayaran nya (seperti AdSense, dan bukan seperti Chitika).

 

Analisa

Situs Meme 9Gags kok bisa menempatkan AdSense?

Selidik punya selidik yang saya lakukan hari, ternyata memang benar, situs yang hanya bermodal gambar saja, atau yang umum nya disebut Sites Base Images, memang tidak bisa disetujui oleh AdSense. Meskipun terdapat pengecualian, seperti situs meme terkenal 9Gags, namun kondisi itu tidak bisa diterapkan pada situs kecil.

Hal serupa juga berlaku untuk Twitter. Anda lihat setiap status yang di posting di timeline, itu mirip seperti kalimat spam saja, karena tidak ada makna menarik yang berguna bagi orang lain, kecuali cuman curhatan hati. Namun, meski begitu, Twitter dulu pernah sukses menggunakan google AdSense sebagai media publishing mereka.

Dalam kasus 9Gags dan Twitter tersebut, mereka sebelum nya memiliki traffic yang sangat tinggi. Oleh karena itu, Google meng-approve permohonan AdSense mereka. Namun, hal ini tidak bisa diterapkan pada publisher kecil.

Apakah tidak ada solusi lain selain memberikan Text yang lumayan banyak?.

Menurut saya, tidak ada cara lain selain itu. Saya melakukan observasi, dan meyakini bahwa Google menentukan tema iklan yang akan di tampilkan di dalam situs dengan berbasiskan Text, dan bukan Images (gambar). Google tidak dapat menelusuri informasi di dalam konten gambar. Harus ada text nya.

Dalam kasus situs gambar yang kita bahas kali ini, sama sekali atau sedikit sekali text yang disajikan, sehingga Google tidak bisa menganalisa konten nya, sehingga secara otomatis, mereka tidak bisa menempatkan iklan yang relevan di dalam situs. Karena itu pula, permohonan AdSense pada sebuah situs base images hampir semuanya di tolak.

Solusi Alternatif- Membuat situs seperti Wikia

Ketika melakukan observasi, saya menemukan sebuah situs yang memiliki sedikit konten (meskipun tidak sedikit- sedikit amat), tetapi terdapat iklan AdSense di dalam nya. Itu adalah situs Wikia. Situs nya disini: Yorch Yongsin Wongpanitnont. Saya pikir memang perlu untuk menuliskan sebuah text di sebuah situs sebelum mengajukan permohonan kepada AdSense.

Dan setelah saya pikir lebih lanjut, tuliskan saja sedikit text di halaman itu. Text itupun tidak terlalu banyak. Sebuah situs Wikia yang saya tunjukan diatas juga tidak terlalu banyak memiliki text. Jadi, jangan menyerah dan tidak jadi melakukan earning, karena Anda cukup menuliskan sedikit text disebuah postingan.

Note: Dalam kasus yang saya miliki bahkan lebih mudah lagi ternyata, karena saya memiliki Tim yang bisa membuat konten. Sehingga, buat apa repot- repot memikirkan penulisan konten nya.

Satu Post berisi text dengan satu album, dan bukan satu Gambar

Dalam kasus yang saya alami, dan mungkin Anda megalami hal ini juga, beberapa foto yang saya miliki ternyata memiliki beberapa kesamaan foto. Dalam arti, misalkan terdapat foto artis yang ada di lokasi dan waktu yang sama, ini bisa dijadikan satu album yang dimana baru diberi tulisan text pada postingan tersebut sebanyak (sekiranya 4-8 paragraf). Jadi, jangan berasumsi jikalau ribuan foto yang saya miliki, semuanya harus di beri text satu persatu.

Tuliskan Text tanpa perlu mencari keabsahan konten nya

Masih dalam perihal satu album diatas, yang menjadi permasalahan utama nya sering nya adalah; orang bingung, nih album harus di isi paragraf seperti apa. Menurut saya, dikarenakan tujuan utama adalah mendapatkan earning dan approval dari AdSense, maka perihal konten nya bisa di karang sendiri. Yang terpenting ada text paragraf nya.

Sebagai suatu contoh, terdapat foto artis di danau dengan jumlah 15 buah. Anda akan kesulitan mencari informasi mengenai; ini sedang melakukan apa, syuting film apa, kapan, dimana, dll. Jadi, di karang saja untuk kalimat nya. Tuliskan saja sedang syuting film horor. Tidak perlu menyebutkan judul film, tapi boleh juga bila menyebutkan waktu dan tanggal yang dikarang sendiri.

Disisi lain, visitor tidak akan terlalu memperdulikan informasi atas konten yang Anda tuliskan tersebut. Mereka hanya peduli dengan foto artis tersebut. Karena foto itulah yang menarik perhatian mereka. Itu adalah langkah praktis nya. Jangan di perumit sendiri dengan bersusah payah mencari informasi yang tidak penting.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *