Business News

Metode Pengecekan dengan jenis Sampling

Ini adalah bagian penjelasan tambahan dalam melakukan pengecekan. Bila seorang KD mendapati tugas dengan jumlah yang banyak, sehingga akan sangat tidak efektif untuk melakukan pengecekan satu persatu atas hasil tugas tersebut. Bila hal ini terjadi, pengecekan harus dilakukan dengan metode “Sampling”. Yaitu mengambil jumlah X sekian, sebagai perwakilan atas sejumlah besar produk yang di check.

NOTE: KD adalah Kepala Divisi atau koordinator. Sub Ordinat adalah Anak Buah dari Koordinator tersebut. Dan pihak Upline adalah atasan dari KD.

Contoh melakukan Pengecekan dengan jenis Sampling

Sebagai suatu contoh, seorang KD mendapati tugas dari pihak Upline untuk membuat 200 kue Donat. Tugas ini kemudian di delegasikan kepada Subordinat nya yang berjumlah 10 orang. Sehingga, setia orang mendapatkan tugas membuat 20 kue Donat. Tentu saja, akan menjadi kesulitan bagi KD untuk melakukan pengecekan semua 200 kue Donat tersebut. Sehingga, KD itu melakukan pengecekan dengan metode sampling.

Dia mengambil perbandingan 1:10 atas sampling yang dilakukan. Jadi, dia melakukan pengecekan 1 buah hasil pekerjaan (dalam hal ini adalah kue Donat) untuk menentukan apakah 10 kue Donat dibuat dengan benar atau tidak). Bila ternyata didapati 1 kue Donat itu bermasalah, maka KD harus menganggap bahwa 10 donat yang lain nya itu bermasalah. Dia harus mengambil keputusan untuk mengembalikan hasil pekerjaan tersebut kepada Subordinat nya untuk dilakukan perbaikan. Atau, dia juga bisa mengambil keputusan untuk me-reject hasil pekerjaan subordinat itu, bila hasil pekerjaan nya tidak bisa diperbaiki (kue donat yang sudah di goreng tidak bisa dibentuk ulang).

CATATAN: SAMPLING HARUS URUT

Masih dalam contoh sampling kue donat diatas. Sampling yang dilakukan dalam hal ini haruslah urut sesuai dengan urutan produksi nya. Bila seorang Subordinat membuat 20 kue donat dalam kurun waktu 5 jam, yaitu dari mulai pukul 10:00 sampai dengan 15:00, dan pada pukul 12:30 dia berhasil membuat 10 kue donat, maka sampling 10 kue donat yang diambil hasruslah hasil kerja yang di kirimkan pada pukul 10:00 s/d 12:30. Bukan nya mengambil 2 sample kue donat yang di produksi mulai pukul 10:00 sampai pukul 15:00.

One thought on “Metode Pengecekan dengan jenis Sampling”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *