Business News

Panduan dalam Mempersiapkan Logo dan Gambar Atribut sebuah StartUp

Ketika Anda hendak membangun sebuah StartUp, atau usaha rintisan berbasiskan Teknologi Informasi, salah satu hal yang perlu di persiapkan adalah gambar atribut untuk usaha Anda. Gambar atribut ini mencakup: Profil Picture sosial media, Cover Social Media, dan beragam gambar yang diperlukan untuk membuat websites (Banner, logo utama, favicon, dll). Artikel ini akan menjelaskan persiapan apa saja yang harus Anda lakukan, dan gambar- gambar apa saja yang harus Anda buat.

 

Hal yang wajib di ketahui

Pengertian dan Tujuan menyimpan Gambar Mentah

Gambar mentah adalah gambar yang nanti nya bisa Anda edit lagi. Apabila Anda melakukan pengeditan gambar menggunakan Photoshop, maka project gambar mentah tersebut bisa di simpan dalam format PSD. Tujuan nya adalah, apabila suatu hari Anda ingin melakukan perubahan sedikit (modifikasi) gambar tersebut, Anda bisa menggunakan format gambar mentah ini. Suatu hari, kemungkinan besar Anda ingin mengubah gambar tersebut pasti, menjadi lebih fresh dan lebih baru.

Perbedaan PNG Transparent dan PNG (saja)

PNG transparent adalah gambar yang background nya transparant, sedangkan PNG saja adalah gambar yang latar nya putih.

Kelebihan masing- masing format bentuk (PNG, JPG, dll)

PNG memiliki kelebihan bisa di simpan dengan latar yang transparent. Sedangkan JPG tidak bisa di simpan dengan latar transparant. PNG memiliki kualitas yang lebih jernih, dan sangat cocok untuk hasil desain grafis, karena detail tulisan nya akan lebih terlihat jelas. Sedangkan JPG lebih cocok untuk hasil format foto dari kamera. Sayang nya, beberapa social media tertentu tidak bisa menerima gambar yang di upload dalam bentuk PNG.

Jangan mencantumkan kontak dalam pembuatan gambar cover

Kontak yang dimaksud, adalah seperti: nomor telepon, alamat email, alamat jalan, dll, bagi sebuah usaha StartUp sering nya bisa berubah- ubah dalam waktu dekat. Apabila terdapat perubahan kontak, maka Anda perlu mengedit cover nya juga, yang akan menimbulkan masalah di kemudian hari. URL domain, motto, dll, boleh di cantumkan karena jarang sekali berubah.

Attribut yang di cantumkan dalam pembuatan gambar cover

Hal- hal apa saja yang harus di cantumkan di dalam pembuatan cover?.

  • Nama StartUp.
  • URL Domain StartUp.
  • Logo Profile Pictures StartUp.
  • Motto: Slogan utama perusahaan.
  • Gambar yang berhubungan dengan dengan tema startup tersebut.

 

Persiapan

Mengetahui Warna Dasar

Anda harus menentukan warna yang hendak Anda pakai dalam pembuatan gambar- gambar ini. Jangan sampai gambar profil yang Anda buat berwarna merah, tetapi gambar cover nya berwarna hijau. Orang yang melihat nya bisa sakit mata. Warna dasar ada tiga jenis. Warna dasar primer, sekunder dan minor.

Lihat contoh gambar profil ini: Gambar Profil STASASHI. Gambar tersebut memiliki warna primer Orange dengan kode warna: #FA6900, warna sekunder biru dengan kode warna: #4040FF, dan warna minor hitam. Agar tidak salah menentukan warna, sebaiknya deksripsi warna ini menggunakan kode warna saja.

Mengetahui Niche Usaha yang dibangun

Niche atau tema usaha bisa digunakan untuk bahan pembuatan cover dan banner. Apabila Anda memiliki usaha dengan nama APRUON, dan usaha itu bergerak di bidang asuransi, maka salah apabila Anda memberikan gambar mobil pada gambar cover yang Anda buat. Setidak nya berilah gambar orang dalam pakaian formal yang sedang berdiskusi, atau semacam nya. Apabila Anda membuatkan gambar desain grafis untuk orang lain, pelajari sebentar usaha tersebut untuk bisa memberikan gambaran atas desain seperti apa yang hendak Anda buat.

 

Gambar Attribute Social Media

Profile Picture 1

Profile Picture social media hampir semuanya bisa menerapkan dimensi ukuran yang sama, yaitu; SQUARE (Kotak/ Persegi). Hanya saja, apabila ukuran nya terlalu kecil, yaitu dibawah 400 px, beberapa sosial media tidak bisa menerima (mengupload) gambar tersebut.

Ukuran: 1.200px X 1.200px.

Bentuk: PNG tranparent, JPG, JPG Grayscale, dan Gambar Mentah

Cover

Ukuran cover setiap jenis social media beragam. Apabila Anda menerapkan dimensi ukuran yang sama untuk setiap jenis social media, maka gambar akan tampak terpotong dan menjadi jelek. Oleh karena itu, ukuran cover setiap jenis social media harus dibuat spesifik, tergantung dari social media yang akan menggunakan nya. Berikut ini adalah daftar social media yang paling populer berikut dengan ukuran cover nya. Anda harus membuat cover dengan ukuran sesuai dengan setiap social media yang akan dipakai. Ukuran cover dibawah ini adalah dalam bentuk px (pixel).

Ukuran:

  • Facebook Fanspage: 851 X 315
  • Facebook Group: 1,640px X 856
  • LinkedIn: 1400 X 425
  • Twitter: 1500 X 500
  • Google Plus: 480 X 270 dan 960 X 540 (ada dua jenis ukuran).
  • Tumblr: 2048 X 1152
  • YouTube: 2560 X 1440
  • VK: 820 X 312

Bentuk: PNG, JPG, JPG Grayscale untuk ukuran Group Facebook, Cover Facebook, Cover YouTube, dan Gambar Mentah untuk ukuran social media Facebook.

Gambar mentah untuk ukuran Facebook perlu untuk di simpan, karena bisa digunakan sebagai bahan pengeditan di masa mendatang untuk segala jenis cover social media. Menyimpan semua gambar mentah untuk setiap jenis cover social media adalah tindakan yang terlalu berlebihan.

 

Gambar Attribute Websites

Profile Picture 2

Ini adalah gambar attribute yang sama seperti hal nya profile picture 1, namun berisikan nama StartUp tersebut di dalam logo nya. Profile Picture 2 ini bisa di gunakan untuk foto profil admin di dalam profil websites, ataupun sebagai logo untuk di tempatkan di dalam file sarana administrasi.

Ukuran: 1.000px X 1.000px.

Bentuk: PNG tranparent, JPG dan Gambar Mentah

Favicon

Favicon adalah sebuah icon yang ada di tab websites yang Anda buka. Bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk membedakan Tab websites yang mereka buka. Lihat contoh gambar Favicon disini: Contoh Favicon STAR SHARE. Pembuatan Favicon bisa menggunakan gambar dari Profile Picture 2, yang diperkecil.

Ukuran: 32X32 dan 100X100 (px)

Bentuk: PNG tranparent.

Banner Web

Beberapa websites terkadang membutuhkan banner gambar dengan jenis web barner, yang bertujuan sebagai promosi. Banner Web ini juga bisa di tempatkan di websites lain sebagai bentuk promosi juga dan meningkatkan traffict. Lihat contoh banner nya disini:

Ukuran: 900X160 (px)

Bentuk: PNG non transparent.

Logo Web

Lihat contoh Logo Web: KLIK DISINI. Lihat contoh penempatan logo web: KLIK DISINI.

Ukuran: 300X100 (px).

Bentuk: PNG non transparent.

Cover Pages Default

Beberapa websites terkadang memiliki cover pages ini, sebagai representasi. Lihat contoh nya disini:

Ukuran: 1321X533

Bentuk: PNG non transparent.

Cover Web Thumbnail

Cover Web thumbnail digunakan untuk merepresentasikan websites apabila link domain utama websites tersebut di drop pada social media. Lihat contoh gambaran nya disini: KLIK DISINI. Lihat contoh nya disini: KLIK DISINI. Cover ini hampir sama seperti

Ukuran: 1.000 X 600.

Bentuk: PNG

Cover Web Depan

Cover Web depan ini biasanya digunakan sebagai gambar cover di web bagian depan sebagai representasi gambar utama untuk gambaran websites tersebut. Cover web depan ini tidak boleh di beri tulisan apapun, karena nanti akan di beri penambahan tulisan tersendiri ketika di aplikasikan di websites. Lihat contohnya:  KLIK DISINI dan KLIK DISINI.

Ukuran: 2.000 × 1.200

Bentuk: PNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *