Praktek Menggunakan Ilmu Terapan dalam Bekerja

OVERVIEW

Ilmu terapan adalah penerapan pengetahuan dari satu atau lebih bidang-bidang: matematika, fisika atau ilmu alam, ilmu kimia atau ilmu biologi untuk penyelesaian masalah praktis yang langsung memengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Contoh nya, misalkan ada teman Anda yang kemarin tidak jadi naik jabatan karena bagian Administrasi salah memberikan informasi. Performa kerja nya turun. Ketika Anda dan rekan yang lain bertanya “Kamu kenapa kok lesu gitu?”, kemudian dia menjawab “Tidak ada apa- apa kok”. Teman Anda yang lain itu kemudian menganggap bahwa tidak terjadi apa- apa, dan membiarkan nya begitu saja. Tidak memberikan suatu support khusus kepada dia.

Disisi lain, Anda merasa bahwa jawaban “Tidak apa- apa” yang dilontarkan nya tersebut adalah palsu. Anda yakin kalau sedang terjadi hal tidak baik pada diri nya. Sehingga, dengan asumsi tersebut, Anda kemudian mencoba memberikan support ataupun memotivasi dia, tanpa mengatakan secara langsung tujuan Anda, yaitu agar dia tidak down karena kejadian kesalahan dalam proses promosi tersebut.

Secara tidak langsung, Anda mengimplementasikan ilmu terapan dalam bidang psikologi yang bernama “Casandra Complex”.

Dalam dunia kerja, dan dalam kehidupan sehari- hari, akan muncul banyak kejadian yang dimana pemecahan masalah nya tidak pernah diajarkan di pendidikan formal, tetapi Anda dapatkan dari pengalaman ataupun ilmu dari luar pendidikan formal. Namun, Anda bisa menerapkan nya dengan mudah.

LATAR BELAKANG DAN TUJUAN

Artikel ini akan membahas mengenai jenis- jenis ilmu terapan, yang kemungkinan besar sama sekali tidak berhubungan dengan jurusan pendidikan formal yang Anda pernah pelajari, namun wajib Anda kuasai. Dengan tujuan untuk bisa menjalankan aktivitas kerja dalam level tatanan kerja bawah- menengah (staff dan manager). Pembelajaran ini juga akan membantu Anda untuk lebih mudah memecahkan masalah di kehidupan sehari- hari.

CATATAN PENTING

Jangan menganggap bilamana terdapat suatu section dalam pembelajaran ini yang tidak mau Anda pelajari karena bukan/ tidak sesuai dengan passion ataupun jurusan pendidikan formal Anda. Perlu dimengerti, apa yang disajikan disini adalah sebuah ilmu terapan yang bersifat praktis. Anda tidak perlu mendalami nya, tetapi hanya perlu di pahami. Pelajari lebih lanjut mengenai: Perbedaan Mendalami dan Mempelajari Suatu Ilmu.

MACAM- MACAM ILMU TERAPAN DALAM ORGANISASI

CRITICAL THINKING

Disebut juga dengan cara berfikir kritis.

FORMAL FALLACY

DEEP UNDERSTANDING

Disebut juga melakukan pemahaman yang mendalam. Hal ini juga berarti; memahami hal yang kurang dimengerti. Salah satu cara untuk bisa melakukan “Deep Understanding” adalah dengan cara memunculkan oposisi -serang dengan kontradiksi.

TANGGUNG JAWAB

MEMAHAMI LATAR BELAKANG DAN TUJUAN

Jangan berfokus pada prosedur kerja, tetapi berfokuslah pada latar belakang masalah dan tujuan yang hendak di capai. Perihal mengenai cara melakukan sesuatu, atau prosedur kerja nya, adalah prioritas terakhir.

Berani Mengambil Tindakan

Konsekuensi Apabila Melakukan Kesalahan

  • Jelaskan keputusan Anda. Pemimpin yang benar akan mendengarkan alasan Anda, dan membenarkan Anda apabila memang benar.
  • Keputusan Anda salah karena Anda tidak teliti ataupun tidak kritis dalam memahami keadaan: Biarkan saja kritikan tersebut. Dalam dunia kerja, human error selalu ada. Asalkan, dan upayakan, agar human error itu tidak terjadi terus.

Gunakan Argumen yang kuat/ Data

Sebelum Anda membantah orang lain, ataupun mengambil keputusan, lakukan analisa dan persiapan tindakan.

Mohon bantuan nya- Artikel ini dipersembahkan oleh STAR SHARE. Jika Anda merasa terbantu dengan pengetahuan yang Anda dapatkan secara gratis ini, mohon untuk memberikan review positif (komentar, likes, share) di sosial media, menuliskan artikel review positif (di forum, blog, web, situs menulis online, dan media lain nya), atau memberikan penilaian bintang 5 di Playstore atau Apps Store tentang produk atau layanan milik STAR SHARE. Terutama STASASHI, Fellas Production, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *