Business News

Apa Itu Hierarki? | Hierarki Adalah

Hierarki adalah susunan tingkatan jabatan dan alur proses dalam pemberian order (perintah). Bagian ini akan menjelaskan tentang dimana letak posisi jabatan Anda, dan dengan siapa Anda berhubungan.

Superintendent bersama dengan Departemen Riset bertugas melakukan uji coba untuk mendapatkan suatu ilmu pengetahuan baru. Mereka mencatat hasilnya (ilmu pengetahuan tersebut) untuk kemudian diberikan kepada Supervisor, untuk di jabarkan menjadi Sistem Kerja.

Supervisor bertugas untuk membuat sistem kerja dan memastikan output yang dihasilkan dalam keadaan baik. Sistem Kerja yang dibuat harus berbentuk SOP (OLP) yang kemudian diberikan kepada Kepala Divisi. Kepala Divisi bertanggung jawab atas hasil Output dari para User (orang- orang yang dipimpin nya).

Posisi Anda saat ini adalah sebagai Supervisor yang menerima tugas dari Superintendent. Tugas Anda adalah membuat sistem kerja untuk Kepala Divisi, dan melakukan pengecekan hasil dari Kepala Divisi.

Anda perlu mengajarkan Prosedur Kerja (OLP) kepada Kepala Divisi SAJA. Kemudian, Kepala Divisi perlu mengajarkan hal ini kepada para User (pelaku kerja).

Supervisor hanya perlu mengajarkan dan menjelaskan sistem kerja nya kepada Kepala Divisi saja. Tidak kepada semua User. Kepala Divisi nanti akan mengajarkan nya kembali kepada User. Hal ini dikarenakan:

  • Mengajari banyak orang akan membutuhkan tenaga yang besar. Karena tidak semua orang yang diajari tersebut akan mengerti, dan mereka yang tidak mengerti memiliki permasalahan berbeda yang harus dipandu.
  • Menghemat waktu, karena Supervisor telah bertugas untuk membuat sistem kerja. Sehingga, pengajaran OLP kepada User perlu dilakukan oleh Kepala Divisi.
  • Membuat Kepala Divisi sebagai petugas lapangan yang paham betul terhadap OLP yang diberikan. Sehingga, ketika User mengalami kendala, dia bisa menanyakan hal ini langsung kepada Kepala Divisi yang saat itu sedang Stanby.
  • Supervisor tidak terikat jam kerja seperti Kepala Divisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *