Profesionalisme dan Contoh nya

Pembukaan

Seringkali, pihak manajemen yang memiliki kekuasaan untuk memberikan toleransi dan mengubah peraturan nya sendiri, malah akan mendapatkan kesusahan dan beban di kemudian hari, apabila mereka memberikan toleransi. Ketika belas kasihan lebih diutamakan daripada sikap profesionalisme, bencana akan dimulai.

Meminta Maaf apabila melakukan kesalahan dalam bekerja

Sebuah contoh kasus ini akan menjadi pembukaan atas kondisi yang akan di bahas; Seorang karyawan yang tidak masuk tanpa ijin selama 5 hari berturut- turut akan dikeluarkan. Ijin yang diterima harus berbentuk tertulis. Jika terdapat seorang karyawan, yang tidak masuk kerja selama 5 hari berturut- turut karena masalah keluarga yang sangat besar, kemudian di hari ke-6 nya dia datang ke perusahaan untuk meminta maaf dengan menangis karena tidak memberikan kabar atau ijin, dan dia ingin bisa diterima kembali bekerja, apakah pihak perusahaan akan memaafkan nya dan membiarkan dia masuk kerja lagi?. Coba pikirkan jawaban nya !?.

Aktivitas kerja berbeda dengan aktivitas belajar. Aktivitas kerja harus di dasarkan atas profesionalisme. Profesionalisme berarti; Jika Anda tidak bisa bekerja, maka akan di keluarkan. Jadi, dalam definisi ini, tidak ada yang nama nya “Permintaan Maaf”. Bukan karena tidak punya hati, tetapi memang seperti itu dasar profesionalisme. Jika Anda bisa bekerja, maka Anda tetap bisa bekerja. Jika Anda tidak bisa bekerja, ya akan di keluarkan. It’s Simple !.

Solusi nya bukan meminta maaf dan memohon untuk di ijinkan bekerja lagi. Jika ada seseorang yang melakukan suatu kesalahan dalam aktivitas kerja berkali- kali, dan setiap kali dia melakukan suatu kesalahan, dia meminta maaf, dan selalu di maafkan, maka itu bukan profesionalisme. Perusahaan yang tidak menggunakan profesionalisme dalam aktivitas kerja nya akan cepat ambruk.

Tidak perlu meminta maaf, dan tidak perlu memberi maaf. Karena maaf dalam aktivitas kerja yang profesional itu tidak ada.

Yang ada hanyalah; Anda mampu atau tidak. Jika tidak mampu, boleh di beri kesempatan lagi untuk mencoba. Jika berkali- kali tidak bisa menjalankan aktivitas kerja atau berkali- kali melakukan kesalahan, berarti Anda tidak mampu, dan tidak ada pekerjaan di dalam perusahaan yang bisa dipegang oleh orang itu.

Perubahan Status Keanggotaan karena kondisi external yang berubah

Sebagai contoh: Terdapat peserta magang yang mendaftar sebagai “Magang di Semarang”. Dia kemudian kehilangan motor nya, sehingga dia tidak bisa menjalankan aktivitas magang lagi. Dia meminta perubahan status menjadi “Magang Remote” karena tidak bisa datang ke kantor karena tidak ada kendaraan. Salah satu syarat magang remote adalah harus bertempat tinggal di luar kota Semarang. Sehingga, permintaan nya untuk melakukan perubahan status tidak bisa kami setujui. Apabila dia tidak datang untuk melakukan aktivitas kerja, meski dengan alasan tidak memiliki kendaraan -karena kendaraan nya di curi, tetap saja orang tersebut dianggap tidak masuk kerja. Apabila dia tidak masuk kerja dalam hitungan hari maksimal absen, maka dia akan tetap di keluarkan dan mendapatkan blacklist.

Dasar hal ini adalah: Setiap dari Anggota melakukan aktivitas kerja sesuai dengan status nya dan tidak diperbolehkan meminta perubahan pada definisi status yang telah di tetapkan oleh pihak perusahaan. Ketidak mampuan menjalankan aktivitas kerja yang dikarenakan benturan kepentingan antara aktivitas kerja di perusahaan STAR SHARE dengan aktivitas/ kondisi yang lain, adalah sebuah faktor eksternal dimana pihak perusahaan tetap tidak bisa memberikan toleransi karena hal itu termasuk masalah personal.

Solusi atas ketimpangan yang terjadi

Mohon bantuan nya- Artikel ini dipersembahkan oleh STAR SHARE. Jika Anda merasa terbantu dengan pengetahuan yang Anda dapatkan secara gratis ini, mohon untuk memberikan review positif (komentar, likes, share) di sosial media, menuliskan artikel review positif (di forum, blog, web, situs menulis online, dan media lain nya), atau memberikan penilaian bintang 5 di Playstore atau Apps Store tentang produk atau layanan milik STAR SHARE. Terutama STASASHI, Fellas Production, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *