Business News

Tips Menggunakan Mesin Pencari untuk mencari Informasi yang tepat

Gunakan pencarian menggunakan bahasa inggris

Jumlah konten web yang di tulis di dalam bahasa inggris jauh lebih banyak daripada konten yang ditulis dalam bahasa indonesia. Tidak jarang, ketika Anda mencari dengan kata kunci bahasa indonesia, hal yang Anda inginkan tidak ketemu. Tetapi, ketika menggunakan bahasa inggris, malah ketemu.

Anda memang diharuskan sedikit mengerti mengenai bahasa inggris untuk hal seperti ini. Tetapi, Anda selalu bisa menggunakan Google Translate bila ada tulisan dalam bahasa inggris yang tidak Anda mengerti.

Gunakan kata kunci yang spesifik

Jika Anda ingin mencari gambar gadis korea yang cantik, kemudian mencari informasi dengan kata kuncil “Korean Girl”, mungkin hasil penelusuran yang ditampilkan tidaklah sesuai dengan keinginan Anda. Karena Anda tidak hanya mencari gadis korea, tetapi mencari gadis korea yang cantik.

Search engine membutuhkan input informasi yang spesifik, untuk bisa menampilkan informasi spesifik yang Anda butuhkan. Dalam kasus ini, jika Anda ingin mencari gambar gadis korea yang cantik, maka gunakanlah kata kunci “Korean Cute Girl”.┬áHasil yang ditampilkan akan berbeda.

Gunakan kata kunci yang lain

Jika Anda mencari barang semacam ini [XXX], kemudian Anda melakukan pencarian informasi dengan menggunakan kata kunci “kipas angin” saja, mungkin hasil pencarian yang Anda temukan tidaklah tepat.

Tetapi, bila Anda mengubah kata kunci nya menjadi “kipas atap”, maka hasil pencarian yang ditampilkan mungkin akan lebih tepat.

Sehingga, bila Anda tidak menemukan apa yang Anda cari dengan menggunakan mesin pencari, mungkin saja kata kunci yang Anda masukan tidaklah tepat. Anda harus mencoba nya kembali menggunakan kata kunci lain.

Mendapatkan Kata Kunci lain

Seperti yang dijelaskan sebelum nya, bila Anda tidak menemukan apa yang Anda cari dengan menggunakan mesin pencari, maka Anda harus mencoba nya kembali menggunakan kata kunci lain.

Tetapi, akan menjadi masalah tambahan bila kata kunci lain tersebut tidak Anda ketahui. Lalu, bagaimana cara mendapatkan kata kunci lain tersebut?.

Cobalah lihat hasil penelusuran yang muncu. Buka web nya, dan temukan kata kunci lain disana.

Jangan terpaku dengan daftar pertama

Beberapa orang memiliki kecenderungan untuk membuka informasi search engine di halaman hasil pencarian pertama, dan di urutan pertama hingga ketiga saja. Jika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka beralih menggunakan kata kunci lain.

Hal ini kadang menjadi kesalahan. Karena bisa saja -dan seringkali- hasil pencarian yang Anda inginkan, ada di urutan yang lain. Setidaknya, lihatlah semua hasil penelusuran di halaman pertama hingga kedua. Bila apa yang Anda cari tidak ada, maka baru beralih menggunakan kata kunci yang lain.

Jangan menggunakan referensi dari web semacam detik, kompas, dll.

Web semacam detik dan kompas, ditulis untuk memperoleh pengunjung. Mereka tidak memprioritaskan isi konten. Kebenaran konten dari web semacam ini tidaklah terlalu akurat, bila menyangkut mengenai hal teknis dan butuh pengalaman sebagai solusi nya.

Untuk konten berupa berita atau politik, mungkin akurat. Tetapi, untuk konten seperti: cara memperbaiki barang ABC, cara melakukan XYZ, tidaklah akurat.

Gunakanlah referensi dari blog yang ditulis oleh perseorangan dan -kalau bisa- profesional. Konten disana jauh lebih kredibel, dan langkah- langkah yang dituliskan cukup akurat, karena ditulis berdasarkan pengalaman yang memang benar pernah dia lakukan.

Lihat hasil pencarian untuk forum atas masalah spesifik

Mesin pencari Google juga akan menyertakan forum dalam hasil penelusuran nya -tidak hanya web saja. Orang- orang yang memiliki masalah spesifik, seringnya menanyakan hal tersebut di forum. Solusi atas masalah tersebut seringnya ada disana, dan dijawab oleh anggota lain/ admin forum tersebut.

Karena orang yang memiliki masalah spesifik, seringnya belum tahu solusi nya. Karena itu, mereka mencari solusi nya di forum. Dan orang yang menulis sesuatu di blog, sering nya menuliskan hal yang banyak orang ingin ketahui (dan bukan hal yang spesifik).

Bila mereka menuliskan hal yang spesifik, maka pengunjung web mereka tidak akan terlalu banyak. Karena orang yang mencari informasi mengenai hal yang spesifik, jumlah nya sedikit daripada orang yang mencari informasi mengenai hal yang umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *